5 Kegiatan Me Time Di Rumah Saja

Memangnya bisa di masa pandemi ini me time di rumah saja? Bukankah seluruh anggota keluarga berkumpul terus? Kesana ketemu, kesini ketemu, apalagi jika rumah kita kecil. Bagaimana bisa meluangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri? Memang sulit, tapi bisa kok. Coba yuk 5 kegiatan me time di rumah saja ini.

me time di rumah saja
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels


1. Menyanyi


Tak perlu membebani diri dengan manfaat yang berlebihan dari me time. Hari-hari kita sudah cukup stress dalam menghadapi pandemi ini. Mendampingi anak-anak terus-menerus, memenuhi kebutuhan suami yang bekerja dari rumah, memikrkan  dampak ekonomi terhadap keuangan keluarga dan ketakutan akan penyebaran virus membuat hari-hari terasa sangat penat. Jadi, tak perlu memikirkan manfaat berlebihan dari me time, misalnya harus berguna bagi nusa dan bangsa. Me time itu yang penting menghibur diri agar hati senang. Titik!

Menyanyi adalah hiburan paling mudah dan bisa mengeluarkan segala emosi di dada. Jika merasa tak piawai menyanyi, bisa mengeksplorasi youtube untuk mencari video lagu kesayangan yang ada liriknya. Aplikasi seperti smule dan berduet dengan penyanyi idola di instagram bisa pula menjadi pilihan. Ada pula provider TV berbayar yang menyediakan fitur karaoke. Diejek anak atau suami karena suara fales? Cuek saja, nyanyi terus sampai puas!

2. Menari


Susah amat sih menari? Yang dimaksud disini bukan hanya tarian Jawa atau balet. Sekedar menggerakkan badan suka-suka diiringi musik yang asik bisa membuat plong dan refresh. Kalau mau lebih seru, bisa mengikuti gerakan dance yang lucu-lucu di Tiktok. Kalau rumah sempit, tunggu anggota keluar berkumpul di ruang tengah lalu mengunci diri dan menari di kamar. Atau sebaliknya, menunggu anggota keluarga sibuk di kamar masing-masing, lalu bisa ngedance di ruang tengah. Malu? Di olok-olok? Biarkan saja, goyang terus!

3. Membuat Pojok Pribadi


Banyak ibu-ibu yang menganggap dapur itu sudah daerah kekuasaannya, tidak perlu menambah pojok pribadi di dalam rumah. Apalagi jika rumahnya kecil sehingga sudah penuh untuk meja kerja suami dan meja belajar anak-anak. 

Pojok pribadi tidak perlu berupa ruang khusus. Benar-benar bisa dipojokan hanya berupa satu rak dan sekotak karpet untuk lesehan seorang diri. Di pojok pribadi bisa menyimpan benda-benda kesayangan seperti buku yang hanya dibaca sendiri, kertas sketsa, alat lukis, alat rajut dan sebagainya. Jika bisa mendapatkan space yang lebih luas bisa untuk meja mesin jahit atau meja laptop. Seharmonis-harmonisnya sebuah keluarga, semua anggota berhak memiliki benda-benda pribadi.

4. Bengong Di Depan TV


Sebagian orang menganggap TV itu toxic sehingga memilih tidak punya TV di rumah. Bagi yang masih punya TV, manfaatkan untuk berlama-lama ganti-ganti channel sesuka hati. Tak perlu enggak enak hati melakukan kegiatan yang tampak seperti buang-buang waktu., yang penting bisa membuat kita santai. Toh tidak setiap hari. Memang ini memerlukan waktu khusus agar tidak diganggu dan remote berpindah, misalnya ketika anggota keluarga lain sedang bekerja dari rumah atau melakukan video conference. Banyak program hiburan yang bisa dipilih, misalnya serial detektif, drama Korea, kompetisi nyanyi, reality show dan sebagainya. 

5. Perawatan Diri


Sebagian orang menganggap perawatan diri itu untuk mencari perhatian orang lain, padahal kebanyakan melakukannya untuk kepuasan diri. Karena itu, tak ada salahnya melakukan perawatan diri tanpa goal berlebihan misalnya supaya kulit putih bersinar seperti Syahrini. Cukup dengan tujuan untuk mendapatkan perasaan bersih dan segar. Jangan merasa bersalah ketika meminta anggota keluarga untuk tidak mengganggu. Tentu saja hal itu tidak berlaku untuk anak-anak yang masih kecil dan memerlukan bantuan orangtua.
Hanya saja dilemanya, mau ke salon tapi sedang physical distancing, mau panggil ke rumah sama saja takut membawa virus. Ada 2 pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, cari referensi di internet tentang pemanfaatan bahan-bahan di rumah atau dapur untuk home spa. Kedua, membeli produk-produk kecantikan secara online.

Posting Komentar

20 Komentar

  1. paling suka menari dan menyanyi karena bisa menghilangkan stress sejenak :D

    BalasHapus
  2. kegiatan saya di rumah? masak, nonton drakor, cari inspirasi masakan dan cemilan, main sama anak dan suami, on repeat hahahaa

    BalasHapus
  3. Bengong di depan tv, hihihi...

    Kalo saya malah nemu banyak ide video tp belum brrhasil ngedit.

    Jadi me-time saya adl ngedit video yg entah kapan bisa tayang itu.

    BalasHapus
  4. banyak banget yang bisa dilakuin di rumah ya Mbak. yang penting tetap bahagia agar imunitas tubuh meningkat dan bisa melawan si virus nakal ini.

    BalasHapus
  5. aku nggak bisa nyanyi dan nari, senengnya di kamar leyeh2an sambil baca or nulis sampe ngantuk trus tidur, hehe

    BalasHapus
  6. Selama dirumah aja udah dua bulan belakangan ini aku habisakan waktu buat merawat diri hihihihi, kegiatan yang paling mengasyikan dan nggak bikin bosen hehe

    BalasHapus
  7. aku pilih yang terakhir deh hehe, perawatan diri. Kadang aku suka maskeran sih paling, walau ga kemana2 kulit wajah ttp berasa kusam

    BalasHapus
  8. Dari ke-lima kegiatan di atas kayaknya saya belum cobain nge-dance. Yaampun padahal dulu waktu muda 15 taun yang lalu ceritanaya dancer pas jadi anak kuliahan. Wkwkwkw Paling sering kayaknya bengong di depan tv.

    BalasHapus
  9. Menyanyiiii...

    Saya paling suka nyanyi, kalau udah bosan dan bete, saya setel yutub, cari musik karaokean kunci ladies, terus saya nyanyi deh nggak tahu diri hahaha :D
    Lumayan menurunkan level kebosanan :D

    BalasHapus
  10. Aku baru dengar istilah pojok pribadi mbak hehe, aku juga punya nih ruangan khusus di mana saat-saat tertentu enggak pengen diganggu suami maupun anak-anak. Jadi biasanya baca buku atau ngemil hehe

    BalasHapus
  11. Perawatan diri tuh sebenernya paling asyik mba dan hasilnya juga oke bangeet, tapi kok aku malah lebih sening keringetan di dapuuur hehehe

    BalasHapus
  12. Ahaha, sama nih. Aku selama di rumah ini jadi doyan nyanyi, nari, dan perawatan diri. Biar nanti pas keluar rumah jd orang syakep multitalent, wkwkwk 😆😆

    BalasHapus
  13. Yeay, asik banget akutu, perawatan diri di rumah , kemaren pas pandemic dikirimin dari klinik tempatku part time, jadinya aman buat stok merawat diri di rumah aja.

    BalasHapus
  14. Waaah bisa dicontoh ini mbak...meski di rumah intensitas ketemu satu keluarga lebih banyak tapi meluangkan waktu untuk beraktivitas tetap bisa dilakukan ya mbak....saya suka nyanyi sambil buka YouTube....meski suara tak begitu bagus, suka juga memasak. Atau bahkan bengong di depan TV sambil tiduran diatas karpet.

    BalasHapus
  15. Kayaknya aku perlu perawatan diri nih, udah mulai capek di rumah aja tanpa me time dengan pijat dan facial

    BalasHapus
  16. Laah...ini aku banget siik...
    Ya anak-anak bosen ngerjain PR, trus sama aku gantian nonton channel youtube di tipi. Kadang ceramah singkat, kadang acara detektif, kadang kartun.
    Beneraan...
    Gini aja uda bikin happy.

    BalasHapus
  17. pojok pribadiku tempat tidur mbak, sisi sebalh kiri. Pokoknya kalau ada yang nempatin posisi, aku suruh pindah hehehe

    BalasHapus
  18. Heheh daya nggak bisa nyanyi dan mager juga kalau nari-nari, metimenya cukup nonton drakor aja hehe

    BalasHapus
  19. Mbaa, aku pas di rumah sempatkan buat perawatan wajah alias facial. Lebih hemat juga Hahaha

    BalasHapus
  20. Maskeran mbaaa... aku suka banget maskeran nih sejak dirumahaja. Dulu kan hobi beli2 masker gitu, aneka rupa dan rasa, tapi ga pernah dipake. Nah sekarang nih saatnya perawatan wajah hehee..

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.