10 Ide Hantaran Penikahan Yang Unik Dan Tidak Mahal

Tren pernikahan saat ini lebih privat dengan undangan dibawah 100 orang, di resort atau restoran ala garden party dan tidak mahal. Pasangan-pasangan muda memilih berhemat agar tabungan mereka bisa digunakan untuk travelling bulan madu dan memulai hidup berkeluarga. Tentu saja masih ada yang dibiayai orang tua, di gedung pertemuan dan mengundang ribuan orang. Tapi di jaman semua serba mahal dan tak pasti ini, privilege tersebut tak banyak dimiliki calon pengantin. Namun, itu jangan sampai menghalangi keinginan untuk menciptakan momen terindah sepanjang hidup tersebut. Salah satunya menyiapkan hantaran pernikahan yang menarik, unik, mengesankan dan tidak menguras budget. 

hantaran penikahan
Photo by shawnee wilborn on Unsplash

Umumnya hantaran pernikahan terdiri dari perhiasan, busana, sepatu, tas, perhiasan, makanan dan sebagainya. Banyak yang menganggap barang-barang tersebut sebagai isian wajib, padahal itu hanya kebiasaan saja. Yang wajib itu masuknya ke mahar perkawinan. Jadi, cobalah sesuatu yang berbeda agar memberikan efek yang benar-benar mengesankan untuk dikenang selamanya. Berikut 10 ide hantaran pernikaran yang mungkin bisa memberikan inspirasi kepada para calon pengantin.

1. Tiket Kejutan


Sekarang makin banyak calon pengantin yang mempersiapkan resepsi pernikahan bersama sehingga hantaran juga disiapkan bersama. Kadang, karena tinggal berjauhan atau calon pengantin pria sibuk, belanja hantaran dipasrahkan ke calon pengantin wanita. Tapi cobalah menyelipkan satu kejutan, misalnya tiket. Tiket ini bisa bermacam-macam sesuai dengan kesukaan calon pengantin dan dana yang dimiliki, antara lain tiket bulan madu, tiket konser dan sebagainya. Siapa tahu calon pengantin punya impian masa kecil naik wahana di Dunia Fantasi alias Dufan yang layak untuk diwujudkan.

2. Honeymoon Kit


Jika sudah punya rencana bulan madu, siapkan saja honeymoon kit yang cakep. Tak perlu mahal tapi bagus di foto buat kenang-kenangan. Jika bulan madu ke pantai, bisa menyiapkan topi lebar, sun glasses, kain pantai, alas duduk, skin protection dan sebagainya yang disajikan dalam keranjang piknik. Untuk ke daerah pegunungan bisa menyerahkan selimut dengan motif lucu yang juga bisa berfungsi untuk pelindung badan, pelindung kepala, jaket yang modis dan sebagainya. Berburulah di e-commerce untuk mendapatkan harga terbaik. Dengan pengemasan yang menarik akan terlihat mewah. Jika tidak ada rencana bulan madu kemanapun, bisa membeli perlengkapan tidur yang sexy.

3. Buku


Tentu saja bukan membeli novel di toko lalu dibungkus kertas kado seperti hadiah ulang tahun. Buku bisa berupa biografi, picture book atau ungkapan cinta. Jika tidak bisa atau tidak punya pengalaman menulis, banyak freelancer yang bisa dipesan untuk mengerjakannya. 

4. Karya Seni


Karya seni bisa berupa lukisan, patung, sketch, hand lettering dan sebagainya. Obyeknya tak harus manusia. Bisa berupa tempat paling mengesankan bagi calon pengantin. Bisa juga interpretasi dari puisi, syair lagu atau kata-kata yang hanya dimengerti oleh calon pengantin. Karya seni itu mahal? Banyak yang masih sangat terjangkau kok. Coba saja cari-cari penghobi atau senimannya di instagram.

5. Peralatan Swa Seduh 


Ngopi sudah menjadi gaya hidup orang muda. Buat pasangan muda yang baru saja menikah, mungkin harus ngirit dulu tidak bisa sering-sering ke cafe. Peralatan swa seduh bisa menjadi solusi untuk mengatasi kejenuhan. Sekarang peralatan tersebut sudah banyak dijual di e-commerce. Bahkan cafe juga ada yang menjual peralatan untuk di rumah. Jika pasangan tidak minum kopi, bisa juga beli paket seduh untuk teh.

6. Tanaman


Meski bukan pejuang lingkungan hidup, tapi hantaran berupa tanaman akan lebih bermanfaat dan tahan lama dibandingkan buket bunga. Agar terlihat menarik dan elegan, tanaman bisa dikemas dalam ember kayu, dilengkapi peralatan gardening dengan tone warna seragam dan diberi pita goni berukuran besar.

7. Alat dan Bahan Hobi


Jika bukan karena dijodohkan, pasti sudah tahu dong hobi pasangan? Jarang banget hantaran berupa benda yang mendukung hobi calon pengantin. Kebanyakan fokus pada peralatan head to toe dan makanan. Bakal unik kalau isi hantaran berupa mesin jahit portable, kamera, set lukis dan sebagainya. Kalau hobi ngeblog, mungkin laptop terlalu mahal ya? Tapi itu bisa diganti dengan peralatan pendukung, misalnya lazy pod, monopod, lighting dan sebagainya.

8. Peralatan Masak


Jangan takut memberikan hantaran berupa peralatan masak. Itu bukan berarti menyuruh calon istri agar nantinya di rumah saja mengurus rumah tangga. Jaman sekarang suami saling bahu membahu dengan istri untuk urusan domestik. Chef saja malah kebanyakan laki-laki, kan? Siapkan peralatan masak dan serbet dengan tema warna senada, lalu kemas di dalam baskom yang bagus.

9. Perlengkapan Spa dan Relaksasi


Hantaran ini akan terpakai terus sampai habis. Setelah resepsi itu badan akan sangat lelah, lalu diteruskan dengan memasuki rumah tangga baru. Relaksasi akan membantu pikiran lebih santai dan badan kembali fit. Ini lebih aman dibanding kosmetik atau skin care yang punya kemungkinan salah merk dan kulit calon pengantin tidak cocok, kecuali jika calon pengantin perempuan beli sendiri. Perlengkapan yang bisa dimasukkan antara lain garam mandi, esential oil, aroma terapi, alat pemijat, lufah penggosok dan sebagainya. Jangan lupa memberikan sentuhan personal berupa handuk atau kimono mandi yang dibordir kata-kata lucu atau romantis.

10. Self Care Gift Basket


Ya, sanitary kit mendadak diburu seluruh dunia karena wabah virus corona atau COVID19. Maka sudah waktunya sanitary kit bisa dijadikan isi hantaran pernikahan. Wabah ini menjadikan semua orang sadar kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan. Barang-barang yang bisa dimasukkan ke hantaran ini antara lain, hand sanitizer, masker kain, sarung tangan kain, yoga mat, botol minuman, aneka vitamin, sabun herbal, jamu kering dalam kemasan yang cantik dan masih banyak lagi. Agar mengesankan, usahakan memiliki tema warna yang sama. Jika tidak bisa, tutup saja warna-warna brand tersebut dengan kertas-kertas art yang memiliki tema warna sama.

Posting Komentar

16 Komentar

  1. kayak ultah anak temenku mbak goodie bag ulang tahunnya tisue basah dan hand sanitizer :)

    BalasHapus
  2. padahal seru ya berkreasi kado hantaran yang unik, dulu aku malah ngga mau dibawain apa-apa pas nikahan, gpp mentah nya aja maksudnya hehe

    BalasHapus
  3. Ide2nya unik dan kekinian. Antimainstream dari yang biasa. Terutama yg no.10. Kayanya hanya cocok untuk nikahan di musim pandemi

    BalasHapus
  4. Wah, menarik sekali nih ide2nya. Yg unik dan anti mainstream malah bakal jadi kenangan istimewa. Pengin deh dikasih hantaran yg unik. Sayangnya udah nikah sih hahaha

    BalasHapus
  5. wah semua itu hantaran paling rekomended dan pastinya paling bermanfaat yah kak. Kalau aku disuruh milih aku sih maunya yg oerlengkapan spa gitu. hihkbk

    BalasHapus
  6. Ak mau peralatan masak aja deeh, kayanya kepake banget itu mah.
    Btw lucuk2nyaaa, uniik idenyaa..

    BalasHapus
  7. Paling suka dengan spa mandi mbak, kayaknya pas banget itu untuk lebih relaks abis acara yang panjang.

    BalasHapus
  8. Idenya mantaps semua mbak, bisa jd rekomendasi bg pasangan yg hendak menikah

    BalasHapus
  9. Waah ide-idenya menarik banget niih. Berhubung aku udah nikah, kayaknya bisa deeh ide ini nanti kukasih ke temen-temen yang pusing mikirin hantaran nikah..

    BalasHapus
  10. haha.. unik banget ide hantaran nikahannya. Sayang, aku dulu gak kepikiran ya minta yg macem2.. hihi.. padahal seru juga kalo dapet hantaran yg sesuai hobi. misalnya hobi baca buku, minta sepaket buku gitu ya.. no.10 juga unik banget, cocok buat yg nikah di musim pandemi ini.. hihi

    BalasHapus
  11. Menarik idenya. Kalau orang open minded, bagus ya direalisasikan. Masih sulit terwujud kalau terlalu terpaku pada adat dan masih banyak keluarga yang lebih tua. 😁

    BalasHapus
  12. bagus dan lucu -lucu deeh idenya. AKu pernah juga dapat voucher menginap sama langgangan gym di hotel bintang lima sebagai wedding gift lho. Sukaa deh

    BalasHapus
  13. Wah iya nih salfok ke no 10 soalnya kemarin liat jadi candaan di WAG tapi beneran sih di musim pandemi ini bisa jadi salah satu pilihan juga hehe..

    BalasHapus
  14. Mba, idemu unik banget siiiy... malah enggak kepikiran lho ada hantaran isinya kayak gitu. Bagus lho, ide antimainstream gini boleh banget dicoba meskipun nanti keluarga ya bingung ya, kok hantaran kayak gini isinya hehehee...

    BalasHapus
  15. Pengennya beliin tiket, tapi masa-masa lagi nggak bersahabat
    kirimin doa-doa kebaikan dan agar bahagia selalu aamiin
    Aku tapi mau semuanya kalo di kasi hantaran dengan ide unik di atas ea hehhee

    BalasHapus
  16. mantab banget sih ini idenya, ku list dri skrg biar nanti klo diminta langsung kasih.
    #visioner anaknya

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.