Ampuh, Ini Beberapa Cara Tingkatkan Trombosit

by - Januari 06, 2020

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari trombosit rendah. Penyakit infeksi karena virus dengue sehingga mengakibatkan demam berdarah menjadi salah satu penyebab terbesar. Sebab lain adalah karena penyakit pada pembesaran limpa dan juga kanker darah. Ada beberapa obat meningkatkan trombosit yang bisa dikonsumsi. Salah satunya adalah obat muntah vometa tablet strip. Selain itu, beberapa makanan pun dipercaya akan meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

dancing queen
Photo by Micheile Henderson @micheile010 // Visual Stories [nl] on Unsplash
Mengkonsumsi obat untuk meningkatkan trombosit dipercaya sebagai salah satu langkah ampuh, terutama bila terdapat beberapa masalah lain yang mempengaruhi jumlah darah dalam tubuh. Cara lain untuk meningkatkan trombosit adalah dengan obat muntah vometa tablet strip. Mungkin Anda bertanya, kok obat muntah bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit? Ini karena mual dan muntah akan membuat tubuh lemas dan semakin menurunkan kadar trombosit di tubuh. Maka rasa mual harus dihilangkan dan muntah harus dicegah.

Berikut ini merupakan cara dan obat untuk meningkatkan kadar trombosit.

1. Makanan Dengan Kandungan Zat Besi


Cara untuk meningkatkan kadar trombosit antara lain dengan makanan tinggi zat besi. Makanan dengan kandungan zat besi tinggi ini antara lain kacang-kacangan, kerang, daging sapi, dan juga kacang hitam. Anda bisa memilih makanan yang mudah didapatkan di sekitar rumah Anda. Telur pun bisa dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Zat besi merupakan salah satu mineral pembentuk darah sehingga mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi akan banyak membantu pembentukan trombosit di dalam darah.

Selain makanan, mengkonsumsi suplemen untuk zat besi pun dianjurkan. Terutama untuk beberapa penyakit yang memang membuat trombosit menurun dengan cepat seperti anemia dan leukimia.

salmon
Photo by Micheile Henderson @micheile010 // Visual Stories [nl] on Unsplash

2. Makanan Dengan Vitamin B12


Cara lain untuk meningkatkan trombosit yang menurun dengan cepat, ialah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin B12 merupakan salah satu mineral penting untuk pembentukan darah dalam tubuh. Untuk itu konsumsi vitamin B12 yang ada di dalam ikan salmon, tuna, daging, hati sapi, dan yoghurt akan membantu peningkatan trombosit. Konsumsi makanan ataupun suplemen B12 ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Jika daging terasa mahal atau ikan sulit ditemui, hati sapi dan yoghurt lebih mudah didapatkan. Namun hendaknya Anda teliti dalam memilih yoghurt yang sekarang banyak ditawarkan melalui penjualan online. Cek dulu tanggal kedaluarsa dan kandungan gulanya sebelum mengkonsumsi. 

You May Also Like

19 Comments

  1. Duh ngomongin trombosit jadi inget anak masuk RS karena DBD.
    Aku Baru tau ternyata vometa bisa untuk meningkatkan jumlah trombosit. Untuk makanan, yg mengandung zat besi dan vit B12 ya. Noted! Ini yang paling gampang dan selalu ada di rumah adalah telur hehe.

    BalasHapus
  2. Kalau mpo waktu sakit DBD disuruh minum yang banyak agar trombosit naik. Cuma begitu eneg, maklum lagi sakit

    BalasHapus
  3. PEnting banget nih di ketahui ya, musim hujan kayak sekarang biasanya banyak nyamuk dan banyak yang kena DB.
    Setidaknya kalau tahu hak yang meningkatkan trombosit, jadi bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan :)

    BalasHapus
  4. bagus untuk pemulihan yang kena db ya, karena setelahnya tubuh kita lemas banget

    BalasHapus
  5. Kalau kena DBD meningkatkan trombosit secara cepat itu sangat diperlukan ya. Untung sekarang ada kapsul yg lebih mudah diminum ya mba.

    BalasHapus
  6. Ternyata menaikkan trombosit juga bisa dari yogurt, ya. Saya baru tau, nih. Kalau ingat trombosit, ingat waktu saya kena DBD. Seneng banget kalau hasil lab trombosit bisa naik

    BalasHapus
  7. Karena anak pesisir, hampir tiap hari bisalah makan ikan. Kecuali pas hujan besar dan angin kencang. Nelayan gak melaut. Baru tahu juga yoghurt bisa ningkatin trombosit

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tau lho mba, yogurt bisa naikin trombosit juga. Selama ini taunya cuman jambu biji ama angkak doang. Hehehe makasih infonya loh, manfaat banget nih. Semoga kita semua sehat yaaa

    BalasHapus
  9. Saya salah satu orang yang kurang akan trombosit, biasa ya saya menambahkan suplemen utk menstabilkan kondisi

    BalasHapus
  10. Dulu sih waktu adik saya sakit dan harus naikkin trombosit kita disaranin untuk kasih dia sirup kurma katanya mba. Wah, ternyata banyak ya makanan yang bisa untuk menaikkan kadar trombosit dalam tubuh kita.

    BalasHapus
  11. Biasanya sempet tuh kalau mengonsumsi jus kurma ya...sayur bayam bagus jg ya..

    BalasHapus
  12. awaahh yoghurt juga toh,,, ya klo kntog lgi tipis pilihan yang tepat bisa ke yoghurt aja ya mbak

    mksih infornyaaa

    BalasHapus
  13. Kalau pas orang tua dbd pakai pil trombosit sama sari kurma madu dan angkak

    BalasHapus
  14. Sejauh ini, aku belom pernah nyoba minum obat seperti itu. Seringnya vitamin dan banyakin makanan yang konon mengandung banyak zat tersebut. Dalam hal apa pun. Kayak anemia juga. Aku seringnya makan makanan berzat besi tinggi.

    BalasHapus
  15. Banyak makanan yang bisa membantu yang mba.. aku juga ngg begitu suka daging, jadi harus cari alternative nih

    BalasHapus
  16. Baru tau lho mba kalau yoghurt itu mengandung vitamin B12. Bagus juga ya disediakan bagi penderita sakit yang membutuhkan booster trombosit.

    BalasHapus
  17. Andalan ku pakai sari kurma makLus. Memang sih ga semua orang suka rasanya. Soalnya kayak kental dan lengket di lidah. Tapi sari kurma ampuh buat naikin trombosit

    BalasHapus
  18. Yes. Aku konsumsi yogurt heheh lega deh bisa menyiasati daging dengan yogurt
    Terma kasih mba ternyata mudah ya mendapatkan asupan yang bisa meningkatkan trombosit kita

    BalasHapus
  19. Jus jambu biji juga bisa naikin trombosit, Kak. Pernah kan waktu adikku kena demam berdarah. Nah pas periksa di lab dan tahu trombositnya anjlok, sampai rumah mamaku langsung bikin jus jambu biji. Adikku diminta rutin tuh minum jus itu, ya tapi tetap dibarengi juga dengan minum obat dokter. Setelah 3 hari periksa ke dokternya lagi, trombosit udah naik dan waktu mama cerita ke dokter kalau adikku dikasih jus jambu, kata dokternya udah benar

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.