Tanpa ke Dokter, Anda Bisa Mengobati Vertigo di Rumah

Kepala pusing dan terasa berputar-putar (vertigo) tentunya bisa menyakitkan dan membatasi aktivitas Anda. Meskipun banyak obat tersedia untuk mengurangi vertigo, namun beberapa pengobatan alami perlu dipertimbangkan untuk mengurangi efek samping tertentu. Jika terus berlanjut, tetap harus ke dokter, ya. Gejala vertigo dan cara mengatasinya secara alami ini bisa Anda coba di rumah, yakni dengan cara berikut.

obat vertigo
Photo by Carolina Heza on Unsplash

Obat Rumahan Untuk Mengatasi Vertigo


1. Teh jahe

Sebuah tulisan di Journal of Acupuncture and Tuina Science menjelaskan bahwa jahe dapat mengurangi gejala vertigo (seperti mual dan pusing) lebih baik dibandingkan manuver Epley yang dilakukan sendiri di rumah. Caranya yaitu rendam akar jahe dalam air mendidih sekitar 5 menit, kemudian tambahkan madu sebagai pemanis, lalu minumlah sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba banyak dikenal sebagai ramuan Cina yang dipakai untuk mengatasi gejala vertigo. Obat ini bekerja dengan mengatur aliran darah yang menuju otak, sehingga dapat menenangkan syaraf dan meredakan gejala pusing. Dalam International Journal of Otolaryngology disebutkan bahwa ginkgo biloba mampu bekerja sama efektifnya seperti obat betahistine dalam mengobati vertigo.

ginkgo biloba obat vertigo
Ginkgo Biloba. Photo by Buzo Jesús on Unsplash

3. Cuka sari apel dan madu

Baik cuka sari apel maupun madu dipercaya memiliki sifat kuratif, yang dapat membantu meringankan gejala pusing pada penyakit vertigo. Kedua bahan ini bekerja dengan melancarkan aliran darah ke otak sehingga saraf otak tidak tegang dan mencegah munculnya vertigo secara tiba-tiba. Caranya campurkan air hangat dengan komposisi dua sdm madu serta satu sdm cuka sari apel.

4. Air mineral

Umumnya tubuh Anda membutuhkan sekitar 8-12 gelas cairan per hari. Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi akan meminimalkan gejala pusing dan membantu tubuh tetap seimbang. Adapun pilihan terbaik untuk ini yaitu berupa air mineral yang bebas kalori dan kafein, serta bukan cairan diuretik. Karena diuretik hanya meningkatkan jumlah garam dan air yang dikeluarkan tubuh sebagai urin.

5. Minyak esensial

Berbagai minyak esensial dengan aroma jahe, peppermint, lavender, serta lemon dapat membantu meringankan gejala vertigo (seperti mual dan pusing) ketika dioleskan maupun dihirup. Anda bisa mengencerkan minyak esensial sebelum dioleskan ke kulit, atau memasukkannya pada infuser untuk dihirup. Sementara itu, berbagai manfaat minyak esensial lainnya juga bisa Anda lihat melalui https://guesehat.com/.

Posting Komentar

0 Komentar