Big Data Untuk Keperluan Bisnis, Apa Manfaatnya?

big data
Sumber gambar: pixabay

Big Data memang terdengar kurang familiar, namun sebenarnya istilah ini sudah dikenalkan oleh O'Reilly Media sejak tahun 2005. Big Data banyak dibahas dalam industri IT baru-baru ini, hal ini berkat ledakan data yang terus meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan teknologi. Ada 4 ciri big data, diantaranya high-volume, high-variety, high-veracity, dan pertumbuhannya sangat cepat. Sedangkan untuk perannya sendiri, menurut pakar terkait product cycle, teknologi ini memiliki peran menganalisis data, menyimpan data, mengkategorisasi data, serta membersihkan data yang tidak sesuai.

Teknologi Big Data merupakan teknologi yang sangat memungkinkan proses pengolahan data dengan menggunakan 4 ciri diatas. Ada banyak manfaat yang bisa diambil dengan menggunakan teknologi satu ini, diantaranya:

Menghemat biaya


Menyimpan data dalam jumlah yang besar tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun dengan teknologi ini kegiatan penyimpanan data bukanlah masalah lagi. Pasalnya penyimpanan data dalam teknologi ini dilakukan dengan sistem cloud, dimana penyimpanan dilakukan secara virtual. Berbeda dengan perangkat penyimpanan data lainnya, sistem cloud memungkinkan menyimpan seluruh data tanpa tambahan perangkat apapun. Untuk kegiatan pengaksesan file-nya sendiri dilakukan dengan perangkat komputer atau gadget (lengkap dengan layanan internet).

Membuat keputusan dengan tepat & cepat


Pekerjaan data analyst salah satunya yakni membantu dalam membuat keputusan yang tepat, Big Data menjadi salah satu faktor pendukungnya. Dengan adanya teknologi ini, pihak perusahaan bisa memaksimalkan kegiatan analisis data tunggal yang terintegrasi. 

Kegiatan analisis yang dilakukan menggunakan teknologi ini berjalan lebih efisien, pasalnya pengerjaan masih dalam satu tim perusahaan (artinya tidak perlu mengambil bantuan departemen informatika). Dengan begitu, kegiatan analisis secara otomatis akan menghemat biaya pengeluaran karena cara kerja Big Data sudah sangat efisien

Bisa melakukan analisis mandiri


Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dengan melihat cara kerja teknologi ini memungkinkan kegiatan analisis dilakukan secara mandiri. Big Data merupakan teknologi yang cara kerjanya sangat efisien, sehingga tidak membutuhkan SDM ahli bidang informatika. Kegiatan riset serta pengambilan keputusan bisa dilakukan secara langsung, setelah dilakukan analisis pribadi. Melakukan kegiatan analisis secara mandiri tentu bisa lebih cepat prosesnya, selain itu kegiatan ini sangat membantu penghematan biaya.

Bisa membangun strategi marketing yang Efektif


Kegiatan membangun strategi marketing akan lebih efektif dilakukan dengan adanya teknologi ini. Kelebihan lainnya, teknologi big data membantu menjangkau setiap konsumen dari berbagai segmen pasar yang ada. Teknologi ini juga sangat membantu dalam meminimalisir penyusutan pangsa pasar, pasalnya hubungan dengan konsumen sudah terbangun sebelumnya. 

Bukan hanya itu saja, teknologi ini juga akan membantu dalam mengurangi risiko lainnya terkait keamanan data. Perlu diketahui, saat ini Big Data yang ada di Indonesia sudah berkembang dengan berbagai fitur menarik untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Mampu mengenal pelanggan dengan lebih baik


Pengaplikasian big data pada bisnis akan sangat membantu dalam mengumpulkan seluruh informasi terkait pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasa perusahaan. Untuk dapat memahami pelanggan, salah satunya yakni dengan menyediakan produk yang sesuai keinginan. 

Penyediaan produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan pelanggan dapat ditemukan dari berbagai informasi yang dikumpulkan, hal ini tidak lepas dari peran Big Data itu sendiri. Informasi yang telah dikumpulkan dalam Big Data akan sangat membantu melakukan kegiatan ini, pekerjaan data analyst akan lebih mudah dilakukan jika informasi terkumpul dengan lengkap.

Arus komunikasi lebih efisien


Dengan Big Data, arus komunikasi akan lebih efisien karena teknologi ini tidak menimbulkan perdebatan. Pengambilan keputusan yang dilakukan telah melalui tahapan riset yang sesuai dengan data yang dihasilkan, dengan begitu keefektifannya terhadap target tidak perlu ditanyakan lagi. Teknologi ini sudah sangat mumpuni dalam hal pengolahan, ekstraksi, serta mengubah model analisis yang nantinya akan dipresentasikan dalam rapat manajemen.

Pemanfaatan Big Data tidak hanya terbatas pada pengelolaan data saja, namun teknologi ini juga mampu menjaga keamanan serta kerapihan data tersebut. Orang yang mempelajari Big Data artinya ia telah belajar self service analytics, belajar mandiri dalam melakukan analisis perusahaan. 

Teknologi Big Data telah berkembang pesat selama 5 tahun terakhir, teknologi yang kehadirannya mampu melakukan pengelolaan berbagai data dengan volume tanpa batas. Teknologi yang satu ini jelas amat sangat bermanfaat untuk perusahaan besar, dimana mereka membutuhkan teknologi ini untuk menyimpan data ‘besar’ mereka.

Posting Komentar

0 Komentar