Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan Di Kantor Samsat dan Samsat Keliling Yogyakarta

Saat ini memang sedang digencarkan pembayaran pajak kendaraan tahuan melalui sistem online. Namun, masih banyak yang membayar secara langsung melalui kantor Samsat dan Samsat keliling Yogyakarta.

samsat keliling yogyakarta

Ada beberapa alasan mengapa orang masih membayar pajak kendaraan tahunan secara offline. Padahal tidak perlu menunjukkan bukti nomor rangka kendaraan seperti pembayaran pajak 5 tahunan. Alasan tersebut antara lain:
  • Tidak punya rekening di bank terkait.
  • Sekalian lewat. 
  • Beberapa outlet hanya menerima pembayaran, tidak sekalian cetak lembar pajak baru. Jadi, sama saja tidak praktis
Apapun metode pembayaran yang dipilih, yang penting jangan sampai telat meski hanya sehari karena dendanya sangat besar.

PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN TAHUNAN DI KANTOR SAMSAT YOGYAKARTA


Caranya cukup mudah dan cepat, jadi tidak perlu lewat calo. Kalaupun lewat calo akan sama saja karena teman-teman harus menyiapkan sendiri KTP asli dan fotokopi serta STNK asli dan fotokopi.  BPKB hanya diperlukan untuk membayar pajak yang 5 tahunan, sedangkan untuk yang tahunan tidak perlu. Jadi daripada tanggung, sudah menyiapkan syaratnya mendingan kan diurus sendiri saja.

Teman-teman langsung masuk saja di gedung utama Samsat. Kalau letak kantor Samsat belum jelas, baca postingan tentang Cara Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan di Samsat Yogyakarta.

samsat yogyakarta

Di dalam langsung antri di loket yang bertuliskan Pajak 5 Tahunan & Tahunan. Serahkan KTP dan STNK untuk mendapatkan nomor urut. Tunggu nomor dipanggil untuk membayar. Setelah membayar, tunggu lagi untuk mendapatkan lembar pajak baru, KTP asli dan STNK asli yang tadi diserahkan. Nomor urut akan dipanggil langsung banyak, kira-kira 10 nomor sekali panggil sehingga antriannya cepat. 


Ya sudah, begitu saja sih. Hehehee.... Simple, kan? Nggak perlu calo kan?

Oya, buat yang bawa anak, ajak saja ke perpustakaan mini di pojokan supaya tidak bosan dan rewel.


PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN TAHUNAN DI SAMSAT KELILING YOGYAKARTA


Nah, ini lebih simpel lagi karena tidak perlu antri panjang. Tinggal parkir dekat mobil Samsat, bayar, dapat lembar pajak baru, lalu pulang. Enggak sampai 5 menit selesai.

Yang penting hanya mencari informasi dimana mobilnya parkir karena setiap hari akan berganti posisi. Informasi posisi mobil Samsat bisa diketahui di akun twitter, instagram atau koran daerah, Mobil Samsat tidak sama dengan mobil perpanjangan SIM ya, jadi jangan salah.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar