Mau Tahu Cara Melakukan Komunikasi Efektif Dalam Bisnis, Cek Yuk!

Sumber gambar: pixabay

Melakukan komunikasi merupakan hal yang sangat penting, baik dalam kehidupan bersosial maupun dalam dunia bisnis. Komunikasi yang baik akan memperlancar berbagai kegiatan, termasuk ketika menyelesaikan berbagai masalah (perselisihan, rapat perusahaan, pertemuan dengan klien, dan masalah lainnya). Kemampuan komunikasi bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir, karenanya semua orang bisa pandai berkomunikasi jika mau belajar.

Dalam dunia bisnis, komunikasi yang efektif akan sangat berguna untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan, Berikut ini ada beberapa kiat dalam melakukan komunikasi yang efektif, diantaranya:

Belajar Untuk Menyimpulkan


Anak jurusan komunikasi pasti memahami hal ini. Menyimpulkan penjelasan lawan bicara dengan tepat merupakan langkah efektif dalam komunikasi bisnis. Setiap orang tentunya memiliki cara komunikasi yang berbeda, disesuaikan dengan karakteristiknya. Memperhatikan perkataan orang lain merupakan hal yang gampang-gampang susah, karena dasarnya setiap orang memiliki naluri berbicara namun enggan mendengarkan. 

Padahal mendengarkan merupakan syarat utama untuk mendapatkan komunikasi efektif. Namun sebagian lain memiliki keahlian dalam mengecoh, sehingga terkadang mereka mampu menyampaikan kebohongan dengan baik. Jika salah menghadapi orang sejenis ini, maka akan timbul kesalahan dalam menyimpulkan.

Orang mungkin bisa berkata bohong, namun tidak dengan isyarat tubuh. Untuk mengetahui apakah orang tersebut memberikan informasi yang benar, maka lihatnya isyarat tubuh yang diberikan. 

Jalin Hubungan Perasaan Saat Komunikasi


Mahasiswa Mercubuana jurusan ilmu komunikasi juga harus memahami cara komunikasi efektif satu ini. Agar komunikasi efektif, rasa nyaman diperlukan saat melakukan komunikasi. Biasanya perasaan jenis ini akan membuat orang lebih terbuka, sehingga terciptalah jalinan hubungan perasaan. Tiga tahapan untuk bisa melakukan hal tersebut, di antaranya:
Tahap awal merupakan tahap dimana memulai pembicaraan, pastikan tidak memberi kesan yang salah (seperti intimidasi atau meremehkan). Berikan seulas senyuman tulus, jika baru berkenalan bisa memulai dengan menyampaikan nama serta latar belakang secara singkat. Jangan mencoba untuk membuat atau menceritakan hal yang terkesan membuat nyali lawan bicara ciut.
Tahap utama merupakan tahap di mana pembicaraan mulai berkembang, di tahap ini cobalah memposisikan diri sebagai pendengar. Kebanyakan orang akan merasa tersanjung jika ada yang mau mendengarkan, sebaliknya lawan bicara akan tersinggung jika pembicaraannya tidak didengarkan secara sungguh-sungguh. Body language juga sangat berpengaruh pada tahap satu ini, seperti menyilangkan kedua tangan akan memberi kesan tidak peduli atau menyembunyikan kedua tangan di belakang tubuh bisa diartikan menyembunyikan sesuatu dari orang tersebut.
Tahap akhir merupakan tahapan dimana pembicaraan selesai dilakukan. tahapan ini pastikan Anda berlalu dari hadapannya dengan cara yang sopan, bisa dengan berjabat tangan atau mengatakan bahwa senang berbicara dengannya. Poin pentingnya yakni menjaga kepercayaan orang tersebut, jangan sampai nanti Anda mengumbar cerita ke sembarang orang mengenai lawan bicara.

Persiapan Matang


Mental merupakan salah satu faktor penting agar komunikasi berjalan efektif. Tanpa adanya mental yang kuat, biasanya pembicara akan merasa gugup dan lebih banyak diam. Untuk mengatasi hal ini, dapat diakali dengan memperhatikan bagaimana cara orang-orang di sekitar berkomunikasi. 

Fokuskan perhatian kepada orang yang komunikatif, biasanya orang-orang jenis ini memiliki gaya bicara yang luas serta dapat ditiru. Bagi anak jurusan komunikasi tentu hal ini menjadi hal yang biasa, pembelajaran komunikasi bisa dilakukan setiap hari.

Namun jika gugup karena berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal, seperti seorang bule dari luar negeri. Membiasakan diri dengan etika atau kebiasaan luar memang cukup sulit, komunikasi yang biasa dilakukan umumnya berupa bahasa isyarat. Hal ini dapat diakali dengan menggali informasi lebih dulu mengenai lawan bicara.

Jelaskan Poin Dengan Referensi Yang Valid


Memiliki mental yang baik tidak cukup dalam melakukan komunikasi yang efektif. Dalam melakukan komunikasi efektif, diperlukan juga persiapan data perihal topik pembicaraan yang akan dilangsungkan. 

Kegiatan satu ini terutama dibutuhkan saat melakukan komunikasi pada kegiatan rapat atau presentasi perusahaan. Untuk pencarian data-data mengenai topik yang dibutuhkan, bisa menggunakan bantuan internet atau buku atau bisa juga bertanya langsung kepada orang lain yang lebih paham. Pastikan data informasi yang diperoleh adalah valid, sehingga hal tersebut akan berguna untuk meyakinkan lawan bicara.

Teori sendiri menjadi dasar sebuah topik, karenanya perlu memahami dengan baik dan lebih baik lagi jika mencari contoh dalam kehidupan nyata. Anda bisa menyertakan nama orang yang membuat atau mengembangkan teori tersebut. Persiapkan juga diri untuk menjawab berbagai pertanyaan yang berhubungan.

Ada banyak universitas terbaik yang mengajarkan komunikasi, salah satunya universitas Mercubuana (universitas ini juga menyediakan mercubuana kelas karyawan untuk beberapa jurusan). Namun jika ingin mencoba sistem kuliah online, bisa mengunjungi portal pintaria (salah satu portal terkenal dengan sistem kuliah online).

Bicaralah Sesuai Fakta


Bicara harus berupa fakta merupakan salah satu syarat komunikasi efektif, topik pembicaraan yang dilangsungkan harus jelas dan tidak ‘ngalor ngidul’. Bicaralah sesuai dengan bukti bukan gosip, karena gosip merupakan jenis komunikasi yang paling tidak efektif di dunia. Meski memberikan kesenangan, namun gosip tidak memberikan hasil nyata apapun. 

Bukan hanya gosip, kebohongan juga menjadi satu jenis komunikasi tidak efektif. Pasalnya, kebohongan tidak akan pernah selesai. Ketika seseorang berbohong, maka ia akan melakukan kebohongan lain untuk menutupi kebohongannya yang lalu. Untuk bisa memahami body language, Anda bisa mempelajarinya di jurusan komunikasi atau bisa juga secara otodidak.

Itulah beberapa kiat melakukan komunikasi efektif dalam bisnis. Untuk dapat melakukan berbagai langkah di atas, tidak harus melulu mengikuti pembelajaran formal. Teman-teman juga bisa belajar secara mandiri, jika memiliki kemampuan untuk jenis belajar satu ini.

Bagi yang ingin mendalami ilmu komunikasi, saat ini  hampir semua universitas menyediakan jurusan satu ini termasuk universitas mercubuana. Biaya kuliah mercu buana cukup terjangkau untuk kategori universitas swasta. Namun jika ingin lebih meringankan biaya, teman-teman juga bisa memanfaatkan beasiswa yang ada.

Posting Komentar

0 Komentar