Cara Membuat Curriculum Vitae Atau CV Untuk Mahasiswa Baru

Kalau kamu mahasiswa baru, kamu harus langsung mempersiapkan curriculum vitae atau CV loh. Iya, tahu, sebagian besar mahasiswa tidak berencana nyambi kerja, tapi CV itu tidak hanya buat itu.

Membuat CV dengan Canva.


Curriculum Vitae Atau CV Itu Adalah


Curriculum vitae itu berasal dari bahasa Latin yang kurang lebih artinya perjalanan hidup seseorang. Perjalanan itu dimulai sejak lahir hingga sekarang. Tentu poin-poinnya saja. Kalau semua diceritakan, namanya biografi.

Jaman dulu, orang sering menyebutnya sebagai Daftar Riwayat Hidup. Sesuai dengan kebiasaan orang jaman sekarang yang tidak mau berpanjang-panjang, orang lebih sering menyebut CV. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut sebagai resume.

CV itu digunakan untuk melamar.

CV lazimnya digunakan orang untuk melamar pekerjaan. Bagi yang sering diundang sebagai narasumber sebuah workshop, CV digunakan untuk memperkenalkan diri kepada para peserta.

Nah, untuk mahasiswa baru, CV digunakan untuk melamar beasiswa dan melamar masuk organisasi atau panitia event.

Memasuki taraf pendidikan perguruan tinggi itu salah satunya ditandai dengan banyak tawaran beasiswa, baik dari swasta, pemerintah maupun organisasi. Ada yang sudah ada sejak semester 1, ada yang mensyaratkan minimal semester. CV akan menggambarkan kualifikasi dirimu, apakah sesuai dengan beasiswa yang ditawarkan atau tidak. Tak semua beasiswa berdasarkan pada IPK tinggi dan ekonomi keluarga tidak mampu. Ada pula yang mencari mahasiswa yang giat di kegiatan kemasyarakatan, seni, organisasi dan sebagainya.

Model rekrutmen organisasi dan kepanitiaan di PT yang sudah maju juga seperti itu meski hanya untuk posisi panitia event kecil. Buat kamu yang tidak punya teman atau geng karena orang rantau tapi pengin berkiprah di kampus, tidak usah ragu untuk melamar. Meskipun kamu mahasiswa baru, tidak perlu minder. Daftar saja!

Jika CV sudah dibuat sejak mahasiswa baru, selanjutnya akan mudah, tinggal print saja kalau butuh. Proses pembuatan awal memerlukan waktu lama karena harus mengumpulkan data diri dan mempercantik tampilan CV dulu. Jangan lupa untuk selalu memperbaharui CV tersebut tiap selesai kegiatan. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengingat-ingat kegiatan apa saja yang telah kamu lakukan selama menjadi mahasiswa.

Cara Membuat Curriculum Vitae Atau CV


CV minimal terdiri dari informasi berikut ini:

  • Identitas. CV diawali dengan nama lengkap dan foto. Foto bebas, tidak harus pasfoto, kecuali dinyatakan lain. Misalnya melamar beasiswa untuk instansi tertentu yang kadang background pasfotonya juga sudah ditentukan. Tapi jangan gunakan foto selfie, duck face, menerawang dan sebagainya seperti di media sosial.
  • Kontak: alamat, no telepon, email, dan akun media sosial. Jaman sekarang akun media sosial sangat penting untuk melihat dinamika hidup pelamar. Jika isinya alay, baper dan bucin, jangan dimasukkan, ya.
  • Data diri. Ini yang terpenting adalah tempat dan tanggal lahir. Agama dan status pernikahan tidak perlu dimasukkan. Ada loh mahasiswa baru yang sudah berstatus menikah.
  • Riwayat pendidikan formal dan non-formal. Masukkan tahun, level dan prestasi. Misal mahasiswa Perguruan Tinggi X, tulis di semester berapa dan IPK berapa. Contoh lain, pendidikan non-formal sudah tes TOEFL, tulis tahunnya dan skornya.
  • Organisasi. Tulis semua organisasi baik di kampus maupun di masyarakat. Tidak perlu ditulis semua, cukup yang paling signifikan atau sekiranya akan mengesankan perekrut. 
  • Prestasi. Prestasi tidak hanya yang bisa diukur, misalnya juara marathon, tapi juga bisa berisi tentang penampilan tari atau nyanyi di suatu acara besar. Misalnya kamu menjadi pelopor bank sampah di kampungmu, itu bisa menjadi poin yang mengesankan pula. Tulis saja.
  • Tambahan. Tambahan ini penting untuk memperlihatkan sisi lain dari dirimu tapi tidak wajib. Jika CVmu sudah panjang saking aktifnya, tak perlu memberikan banyak tambahan. Perekrut bisa pusing. Tambahan itu antara lain kemampuan (bisa bekerja sama, cepat beradaptasi, kreatif dan sebagainya), motto, hobi dan sejenisnya.
Untuk mahasiswa baru S1, informasi diatas sudah cukup. Untuk strata selanjutnya nanti beda lagi dan tentu saja lebih panjang karena ada publikasi, riset dan sebagainya. Jika kamu sudah pernah menerbitkan buku, bisa dimasukkan di prestasi.


Template Curriculum Vitae Atau CV


Soal template ini, ada yang berpendapat tidak usah berlebihan, ada yang berpendapat harus menonjol diantara pelamar lain. Jadi, ambil tengahnya saja dengan melihat kemana CV akan dikirimkan. Misalnya membedakan ketika melamar beasiswa Dikti dengan melamar sebagai pemain biola di unit kegiatan musik. Karena itu, sebaiknya siapkan 2 macam template, resmi dan kreatif.

CV sebaiknya hanya 1 (satu) lembar. Tapi jika kamu super aktif, bisa membuat hingga 2 halaman. Usahakan tidak lebih dari itu dengan mengatur layout-nya. Gunakan kertas A4, minimal 70gr tapi tak perlu terlalu tebal. Spasi lazimnya 1,5 tapi bisa diatur sebaik mungkin jika menggunakan font masakini. Jangan gunakan font yang terlalu artistik sehingga membuat lelah yang membaca dan batasi maksimal menggunakan 2 font.

template cv words
Template CV di ms words.

Untuk CV ke instansi resmi, tak perlu banyak hiasan, cukup huruf dan garis. Kamu bisa membuat sendiri menggunakan excel atau menggunakan template yang ada di microsoft words.
Untuk di words, caranya: buka words, klik file, klik new, lalu pilih template. 
Untuk template yang belum tersedia di folder My Templates, nyalakan internet agar otomatis menampilkan template tersebut karena harus online. Kemudian pilih template dan download.

Sedangkan CV untuk kegiatan kemahasiswaan atau kreatif bisa menggunakan banyak pola, ilustrasi dan warna. Tapi usahakan jangan sampai membuat tampilan halaman terlalu ramai. Kalau kamu tidak menguasai grafis atau tidak punya ide, sudah banyak template kreatif yang bertebaran di internet. Salah satu yang sering digunakan adalah Canva. Screen shoot dashboard Canva ada di foto paling atas artikel ini. Tinggal diedit  dan dipersonalisasi saja.

Yang terpenting dari semua itu adalah kamu harus jujur karena kamu akan mempertanggungjawabkan semuanya dalam tes dan wawancara.


Posting Komentar

17 Komentar

  1. Makasih makLus, ini sebenarnya ga cuma untuk mahasiswa tapi untuk para freelancer juga bisa dipake.

    BalasHapus
  2. Jadi ingat beberapa tahun lalu, saat baru lulus kuliah, rajin banget bikin CV, utak atik bentuknya, ngeprint lalu disebar, setahun dong baru dapat kerjaan hahaha.

    Tapi banyak hal yang saya dapatkan selama itu, setidaknya dari yang awalnya saya deg-degan mau interview, sampai akhirnya biasa saja :D

    BalasHapus
  3. Bener juga ya Mak
    Dengan adanya CV yg komprehensif, bisa memudahkan bgt untuk apply beasiswa dan project freelance gitu ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Wah, saya gak pernah utak-atik Ms. Word bagian template. Ternyata seperti itu to tampilannya. Hehe. Kalau untuk CV yg kreatif, bisa pilih pake Canva atau aplikasi lain yang pastinya banyak banget ya pilihannya :)

    BalasHapus
  5. paling males nih buat cv tuh... tapi mau enggak mau harus buat hehe

    BalasHapus
  6. Banyak cara untuk membuat CV kita menarik ya mba.. dan termasuk mahasiswa juga. Inget jaman mudaaa

    BalasHapus
  7. Jaman digital sekarang enak sih, bisa nyontek dan lagi udah ada formatnya juga di Ms Words ya mbak Lus. Cuma emang harus diperbarui kalo mau melampiran curriculum vitae ini

    BalasHapus
  8. Wah terakhir nulis cv 3 tahun lalu saat melamar pekerjaan dan sebelum memutuskan jadi full timer di rumah mbak hehe. Setuju kalau buat CV itu kudu jujur dan harus dipertanggungjawabkan.

    BalasHapus
  9. Dulu waktu msh mhs, msh ingt banget pusing 7 keliling bikin cv wkt pertama kalinya hahah, skrg mah enak klu mw buat cv ad template khusus yg sdh disediakan

    BalasHapus
  10. Asyik ya anak-anak sekarang mah. Template CV banyak bertebaran di internet. Bahkan di Word pun ada. Dulu waktu aku sekolah, di pelajaran Bahasa Indonesia ada materi ini. Dan template CV ini bisa dibeli di toko buku. Aduuuh, kayak ngisi formulir gitu deh. Saat lulus dan ikut ngelamar kerjaan, aku bikin sendiri. Masih dipake sampe sekarang. Padahal jadul juga. Wkwkwk...

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah kerja tetap jadi ga pernah bikin CV hehe tapi makasih ya informasinya.

    BalasHapus
  12. sekarang enak ada canva, bisa bikin cv dari situ. design nya beragam, bagus-bagus. saya dulu, bikin cv pakai ms.publisher aja.

    eh, saya baru tau loh di word ada template untuk bikin cv..

    BalasHapus
  13. Aku sampai sekarang masih simpan berbagai jenis template CV.
    Dari mulai yang formal banget sama yang mudah dilihat atau bahasa inggris dan bahasa indonesia.
    Hehheh...koletor CV.

    BalasHapus
  14. Kalo waktu dulu, aq buat CV dpt bekal copy file dr kakak kelas, hehe.. blom kepikiran untuk nyari di google. Klo ada contoh begini, jd lebih enak deh

    BalasHapus
  15. Sudah saya share ke adek sepupu saya yang kebetulan butuh contoh CV
    Semoga karirnya sukses seiring dengan perkuliahannya
    MUA memang jadi cita citanya sejak kecil

    BalasHapus
  16. kalau lihat anak2ku saat melamar kerja cv dan lain2nya sdha da di pnsel shg waktu melamar tinggal kirim lewat email, gak kaya jaman aku dulu

    BalasHapus
  17. Info yang bermanfaat sekali, bu :)
    akupun pake canva untuk desain CV biar lebih menarik hihi
    keep sharing!

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.