Cara Paling Mudah Agar Terbebas dari Demam Berdarah

Untuk menghindari penyakit demam berdarah ternyata tak sulit. Teman-teman hanya perlu melakukan satu hal mudah berikut ini.

nyamuk demam berdarah
Image by Emphyrio at pixabay.com

Wabah demam berdarah biasa terjadi di daerah yang memiliki iklim tropis, dan biasanya kasusnya meningkat saat musim hujan. Agar terhindar dari penyakit ini, ada satu hal yang bisa teman-teman lakukan. Selain tak memerlukan biaya, cara ini juga tergolong sangat mudah untuk dilakukan.

Pada dasarnya, demam berdarah bisa dihindari dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya hal ini juga harus disertai dengan gerakan membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal, untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Salah satu cara yang termudah dan bisa teman-teman lakukan untuk menghindari demam berdarah adalah tidur dengan waktu yang cukup. Bagaimana bisa?

Dijelaskan oleh dr. Nabila Viera Yovita kepada KlikDokter, istirahat yang cukup amat diperlukan agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

“Pada malam hari, tubuh melakukan regenerasi sel. Dengan waktu tidur ideal 7-8 jam per hari, daya tahan tubuh Anda akan menjadi lebih kuat, sehingga terhindar dari serangan demam berdarah,” jelas dr. Nabila.

Tak hanya itu, menurutnya dengan mencukupi kebutuhan tidur tersebut, teman-teman bahkan dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, serta obesitas.

demam berdarah
Image by Free-Photos at pixabay.com

Bagi teman-teman yang memiliki mobilitas tinggi, tentunya tidak mudah untuk memenuhi kebutuhan jam tidur tersebut. Namun, jangan cemas. Teman-teman dapat mencicil tidur sebentar di siang hari sebanyak dua kali, dengan durasi 30 menit, seperti yang disarankan oleh dr. Nabila.

“Cobalah mencuri waktu untuk tidur sekali di pagi hari dan sekali lagi di sore hari. Kemudian, lakukan olah raga juga untuk membuat tubuh tetap bugar,” tambahnya.

Selain memenuhi kebutuhan tidur, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti stroberi, goji beri, jeruk, serta jambu. Agar tak bosan, teman-teman bisa mengonsumsinya dalam bentuk buah potong atau jus buah segar.

Bila tak segera ditangani, demam berdarah bisa mengarah pada kebocoran plasma, di mana cairan keluar dari pembuluh darah dan kondisi ini bisa membahayakan tubuh. Selain kekurangan cairan, teman-teman rentan mengalami komplikasi hingga kematian. Oleh sebab itu, tingkatkan daya tahan tubuh teman-teman, salah satunya dengan cukup tidur. Bagaimana, mudah, kan?

Cara Paling Mudah Agar Terbebas dari Demam Berdarah Cara Paling Mudah Agar Terbebas dari Demam Berdarah Reviewed by ibusuri on Jumat, Juli 05, 2019 Rating: 5

1 komentar:

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.