Siapakah Pemeran Batman Versi Layar Lebar Terbaik Dari 9 Aktor Ini?

Belakangan penggemar film heboh dengan berita ditetapkannya Robert Pattinson sebagai pemeran Batman selanjutnya. Ada yang pro dan kontra tentunya, mengingat peran Pattinson sebagai Edward Cullern yang sangat melekat di serial Twillight Saga. Selain Robert Pattinson, siapa saja sih yang pernah menjadi pemeran Batman versi layar lebar? Siapa yang terbaik?

1. Lewis Wilson (1943)


lewis wilson batman
Source: www.eonline.com

Proses pembuatan Batman versi layar lebar pertama yang pernah dibuat yaitu Batman (serial) bertepatan dengan ketegangan Perang Dunia II. Film ini diproduksi oleh Columbia Pictures. Disebut serial karena film layar lebar dahulu memang diputar chaper per chapter. Total ada 15 chapters dengan waktu tayang untuk keseluruhan chapter adalah 260 menit). Film inilah yang mengilhami pembuatan Batman versi serial TV yang dibintangi Adam West. Film ini jugalah yang meletakkan dasar gambaran perlengkapan Batman seperti yang ada di DC Comics, misalnya Bat Cave, Gotham City dan sebagainya.

2. Robert Lowery (1949)


robert lowery batman
Source: reddit.com

Batman And Robin (serial) ini berisi 15 chapters atau selama 264 menit. Film ini dimaksudkan untuk meneruskan momen Batman (serial). Sayang, pengiritan yang kebangetan membuat hasil film ini tidak maksimal. Kostum yang alakadarnya, bat mobile yang kurang keren dan kesalahan-kesalahan teknis akibat penghematan tersebut membuat film ini tak lebih bagus dari film sebelumnya. Meski begitu, film ini telah dibuat dalam bentuk DVD pada tahun 2005 bertepatan dengan peluncuran film Batman Begins.

3. Adam West (1966)


adam west batman
Source: en.ifilmtv.com

Batman (1966) adalah versi layar lebar yang diangkat dari serial TV-nya. Film ini diluncurkan antara season 1 dan 2 tayangan  serial TV-nya dengan bintang yang sama, yaitu Adam West. Karena itulah, wajah Adam West adalah karakter Batman yang paling memorable. Produksi film ini masih dibawah 20th Century Fox. Apakah film ini sukses? Lumayan. BEP (Break Even Point) film ini adalah $3,2 million, sedangkan pendapatannya $3.9 million. Bagi yang pernah melihat serial TV-nya, mungkin terbayang karakter yang komikal. Film layar lebarnya tidak beda jauh, apalagi permintaan Adam West untuk penambahan budget pembuatan versi layar lebarnya ditolak produser.

4. Michael Keaton (1989, 1992)


michael keaton batman
Source: yahoo.com

Michael Keaton mengawali film-film Batman era modern dibawah Warner Bros.

Batman (1989) adalah film Batman yang sukses baik di mata kritikus maupun pasar. Dengan budget produksi hanya $48 million, Batman (1989) berhasil meraup pendapatan $400 million. Film ini juga mendapat nominasi Golden Globe dan memenangi Academy Awards kategori Best Art Direction.

Batman Returns yang diluncurkan 1992 mengikuti kesuksesan Batman (1989) meski belum bisa menandinginya. Dengan budget produksi $80 million, Batman Returns mengumpulkan pendapatan $266.8 million. Batman Returns juga mendapatkan Academy Award kategori Best Visual Effects dan Best Make Up.

5. Val Kilmer (1995)


val kilmer batman
Source: moviestore.com

Dengan budget yang tidak terlalu fantastis yaitu $100 million, Batman Forever berhasil menangguk keuntungan dengan pendapatan $336 million lebih. Berbeda dengan film Batman lain, Batman Forever lebih family friendly, tidak terlalu menonjolkan pernak-pernik peralatan perang Batman. Terlebih dengan tingkah pecicilan Jim Carey sebagai The Riddle. Akting Val Kilmer sendiri dinilai biasa, bahkan daftar.

6. George Clooney (1997)


george clooney batman
Source: independent.co.uk

Ladies, who doesn't love George Clooney? Sayang, banyaknya fans bukan jaminan sebuah film akan sukses. Film Batman and Robin ini bertabur bintang populer seperti Chris O'Donnel, Arnold Schwarzeneger, Uma Thurman, Alicia Silverstone, Elle Macpherson dan sebagainya. Namun persiapannya terlampau terburu-buru dengan maksud mengejar momen kesuksesan film Batman sebelumnya. Padahal pemeran utamanya harus diganti karena Val Kilmer tidak bersedia meneruskan perannya akibat jadwal shooting yang bersamaan dengan The Saint. Sementara itu, sang sutradara sendiri, yaitu Joel Schumacher juga sedang menggarap film lain pada masa persiapan shooting Batman. Jadilah Batman and Robin sebagai film superhero yang nanggung. Film ini hanya mengumpulkan pendapatan $238.2 million. Karena ketidaksuksesan inilah, sekuel film Batman selanjutnya, yaitu Batman Unchained dibatalkan pembuatannya.

7. Christian Bale (2005, 2008, 2012)


christian bale batman
Source: www.sbs.com.au

Sementara ini, Christian Bale adalah pemeran Batman terbanyak versi layar lebar. Kabarnya, Robert Pattinson juga akan membintangi trilogi Batman. Tapi belum ada konfirmasi apakah akan satu film saja, atau trilogi juga seperti Bale. Trilogi ini tak lepas dari kecemerlangan sutradara Christopher Nolan. Bahkan trilogi ini menjadi film-film Batman tersukses dan terbaik.

Batman Begins diluncurkan tahun 2005. Ini merupakan film yang digadang-gadang mampu mengangkat kejayaan karakter Batman yang terpuruk di film sebelumnya sehingga tidak ada film Batman selama 8 tahun. Nolan fokus memperkuat karakter Batman dan Bruce Wayne menjadi lebih kelam tapi lebih punya jiwa. Usahanya berhasil membawa Batman Begins sebagai nominator Academy Awards untuk kategori Best Cinematography dan termasuk 8 film yang mendapat keuntungan terbesar di Amerika Serikat pada tahun 2005.

The Dark Knight diluncurkan tahun 2008. Ketika itu, The Dark Knight dianggap sebagai film superhero terbaik sepanjang masa oleh para kritikus. The Dark Knight juga menjadi film dengan keuntungan terbesar di tahun 2008 sebesar $1 billion. Film ini mendapatkan penghargaan Academy Award kategori Best Sound Editing dan Best Supporting Actor (mendiang Heath Ledger sebagai Joker).

The Dark Knight Rises diluncurkan tahun 2012, namun proses shootingnya sendiri ada gap 8 tahun dari The Dark Knight. Meski film ini sama suksesnya dengan meraih pendapatkan $1 billion, tapi Bale memutuskan bahwa itu akan menjadi film Batman-nya yang terakhir. Karena usia, Bale menyadari keterbatasannya untuk memerankan adegan-adegan laga.

8. Ben Affleck (2016, 2017)


ben affleck batman
Source: nrq,com

Tahun-tahun tersebut Ben Affleck mondar-mandir dalam sekuel Batman produksi DC Extended Universe (DCEU), baik sebagai pemeran utama maupun cameo.

Tahun 2016 diluncurkan Batman Vs Superman: Dawn Of Justice yang diperkirakan bakal seru luar biasa. Bagaimana tidak? 2 superhero bertarung. Aksi yang tampak menjanjikan itu mendapat sambutan yang luar biasa pada pekan pertama peluncuran, namun melorot di pekan ke-2. Banyak kritik yang dilontarkan, terutama karena tempo film yang lambat dan adegan yang berkepanjangan di tiap pertempuran. Film ini tetap meraih keuntungan dengan pendapatan $837 million, meski masih dibawah yang diharapkan yaitu $1 billion.

Tahun 2017, Ben Affleck melanjutkan sekuel Batman dengan membintangi Justice League. Sekuel ini diperkirakan ditunggu banyak orang yang penasaran dengan kematian Superman sehingga keluarlah mega production budget sebesar $300 million sebagai film dengan biaya pembuatan termahal. Hasilnya? Film ini hanya menghasilkan $657 million, sedangkan BEP (break even point atau titik impas) film tersebut adalah $750 million. Rugi besar, memang. Banyak hal yang dituding sebagai kegagalan film tersebut, dari skenario, penjahat yang kurang seram, sampai body Ben yang dianggap terlalu besar. Karena fisiknya yang kelihatan terlalu gempal sebagai Batman inilah, Ben sempat mendapat bully-an dari netizen.

Sebagai cameo, Ben tampil sejenak di film Suicide Squad (2016) yang keren itu.

9. Robert Pattinson (2021)


robert pattinson batman
Source: cosmicbook.news.

Robert Pattinson telah diputuskan untuk menjadi pemeran Batman selanjutnya, yang akan tayang tahun 2021. Film tersebut akan menjadi prekuel film yang dibintangi Ben Affleck. Dengan kata lain, Pattinson akan memerankan Ben muda sebagai Batman. Kita tunggu saja apakah Robert Pattinson berhasil membuang image pemuda ganteng penghisap darah yang kurus dan pucat pasi menjadi superhero yang gagah dan kekar. Kalau cool-nya sih sudah dapet. lah! Film ini diharapkan mampu mengembalikan popularitas film-film Batman.

Nah, dari 9 aktor tersebut, siapakah yang terbaik sebagai pemeran Batman versi layar lebar?

Sumber pendukung: https://en.wikipedia.org/wiki/Batman_in_film#The_Batman_(2021)


Siapakah Pemeran Batman Versi Layar Lebar Terbaik Dari 9 Aktor Ini? Siapakah Pemeran Batman Versi Layar Lebar Terbaik Dari 9 Aktor Ini? Reviewed by ibusuri on Minggu, Juni 16, 2019 Rating: 5

30 komentar:

  1. Paling suka pas Val Kilmer yang jadi Batman. Bentuk wajahnya tuh pas buat penggambaran sosok Batman *ini versinya Ika Puspita ya, hihi

    BalasHapus
  2. waduh aku tinggal nonton saja , gak pernah tahu bintang filmnya

    BalasHapus
  3. Baru ngeh saya kalo pemeran batman itu berganti-ganti. Kirain ya tetep satu orang.

    BalasHapus
  4. Ben Affleck for sure!!
    Walo doi banyak hatersnya, no problemo. Buat aku, he's the BEST!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi salah satu hatersnya Ben gara2 kisah perselingkuhan dia sama asisten RTnya. Ya Lord,Ben, receh banget sih yg dicari. Sebel akutu. Huahahaha. Iki aku wes koyo emak2 gosipin sinetron.
      Btw aku ngefans sama Bale, eaaaa

      Hapus
    2. Ya ampuuun gitu ya? Iiiih Ben Affleck, kurang apa istrinya cobaaa.

      Hapus
  5. Nek aku paling suka Cristian Bale, Mbak. Pokoknya 3 serial Batman yang dia bintangi berhasil membuat aku menunggu seri berikutnya lagi. Lepas 2012 aku udah jarang ntn. Efek punya baby juga kali yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak, memang dia bagus. Buktinya paling sukses.

      Hapus
  6. Aku jadi tau nih nama-nama pemeran Batman dari zaman belum lahir, selama ini tau nya mulai dari Christian Bale aja :)

    BalasHapus
  7. Sama ama yang lain, baru ngeh juga kalau Batman ganti-ganti pemain. Secara nontonnya juga sekilas-sekilas.

    BalasHapus
  8. Kalau menurutku sih mba, yang terbaik tetep Michael Keaton. Udah sampe mendarah daging banget tuh imagenya sebagai Batman. Wajah machonya sangat cocok sebagai pemeran Batman. Kalau Val Kilmer blaaass ra cocok.

    Dek Pattinson nih belum tau bakalan keren atau tetep jadi cowok tampan seksi seperti di Eclipse :D

    BalasHapus
  9. Wah iya, Rob berubah dari vampir ke bat ya hehe, kurang gede badannya, mukanya sih udah pas gloomy..Batman selalu kotak rahangnya hehe

    BalasHapus
  10. Saya lebih suka Ben Affleck sih. Mungkin karena saya udah nonton film2nya. Kalau seri sebelumnya kurang suka, gak tau kenapa. Nah ada berita si Robert Pattison mau jadi batman, saya kok ragu. Secara pembawaan dia terlalu kalem, kurang manly

    BalasHapus
  11. Aku langsung membayangkan Edward Cullen jadi batman sambil bopong Bella Swan hihihi kok jadi cmapur aduk gini ya, soalnya Pattinson udah melekat banget jadi Edward Cullen mungkin ya.
    Aku tau sosok batman sejak Adam West sepertinya mbak, kalua sebelumnya aku belum tau & belum lahir. Suka sama Christian Bale, tapi penasaran sama Pattinson kalau jadi Batman kaya gimana ya

    BalasHapus
  12. Menanti-nanti penampilan Robert Pattinson sebagai Batman. Sejauh ini pemeran batman favoritku masih Bale. Walaupun sebenarnya kalau nonton Batman aq lebih suka liat penjahat2nya sih. keliatan lebih keren daripada batmannya. hahahaha

    BalasHapus
  13. Huwaaa udah nulis aja nih tentang pemeran Batman, hahaha
    Duh aku gak punya bayangan kalo Batman diperankan Robert Pattinson. Kesannya kurang kekar aja, istilah mak-mak jaman dulu tuh kurang macho. Kalo pemeran Batman favoritku itu Cristian Bale, suka banget sama doi. Kerennya kebangetan deh, qiqiqiii

    BalasHapus
  14. Aku ga pernah nonton film Batman 😂 Tapi aku pemuja film-film twilight yang dibintangi Robert Pattinson. Mungkin bentar lagi aku bakalan marathon nonton Batman dari yang pertama sampai terakhir.

    BalasHapus
  15. Berhubung di film-film sebelumnya saya tidak nonton di bioskop, jadi saya kurang tahu gimana.

    So, tetap Ben Affleck yang terbaik menurut saya. Karena saya nonton dua-duanya film Justice League itu.

    Dan untuk Robert Pattinson. Kita tunggu dia gimana.

    BalasHapus
  16. Aku cuma nonton yang Bale aja dan suka banget akting dia di sana. Btw, kostum batman zaman dulu tuh lucu. Mulai bagus yang 1989.

    BalasHapus
  17. Ternyata batman ada sebelum aku lahir, bahkan sebelum bapakku lahir. Anakku sekarang sedang menggemari tokoh Batman, berguna banget nih, kalau ditanya, siapa saja tokoh pemeran batman di layar lebar, aku jadi tahu dong.

    BalasHapus
  18. Wah saya kok tahunya sama aja ya hahaha
    Ternyata beda beda
    Hmm... Kalau saya manut saja pada juri

    BalasHapus
  19. Baru ngeh kalo Batman diperankan banyak artis.. haha yaeyalah sejak tahun kapan getoloh.. Semoga Batman 2021 sesuao ekapektasi yaa

    BalasHapus
  20. I choose Christian Bale dan Val Kilmer. Mereka berdua seksi dan coolnya sama hahaaay.

    BalasHapus
  21. Saya pernah nonton batman, tapi gak memperhatikan pemerannya hiks, pokoknya menonton dan menyimak ceritanya hehehe jadi pengen lihat kalau diperankan robert pattinson

    BalasHapus
  22. Wah, salut sama ibu suri.
    Pasti fans berat Batman nih.
    Sama dengan mba Tuty Queen, aku jadi tahu nama-nama pemeran Batman.

    Michael Keaton!
    ... karena it is my first one
    Hahaha... receh banget alasanku ya!

    Tapi, eits,
    Aku masih membuka pintu untuk yang lainnya, kog ^^

    BalasHapus
  23. What??? Serius si Vampire Robert Pattinson itu bakal jadi pemeran bathman ??? aduh aku sih ngerasa sama aja yang lain soalnya ga begitu ngikutin, cuma kaget aja ini si vampir kok mau jadi pahlawan kebajikan hehehe, mungkin dia berlatih lebih keras untuk memainkan peran ini

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.