Hal-hal Apa Sajakah yang Dapat Mempengaruhi Saham Perusahaan Consumer?

Ada berbagai sektor bisnis yang terdapat di dalam bursa saham. Salah satu yang paling besar dan paling diminati adalah sektor bisnis consumer atau barang konsumsi. Karena, sektor ini cenderung penting dan tetap dibutuhkan dalam kondisi ekonomi yang kurang menguntungkan sekalipun. Namun, meskipun menjanjikan, sektor ini tetap terdampak oleh berbagai hal yang bisa menaikkan atau menurunkan indeks secara sektoral. Berikut ini beberapa diantaranya.

bisnis


Daya beli masyarakat


Daya beli masyarakat jelas sangat mempengaruhi laju bisnis perusahaan consumer secara keseluruhan. Ketika daya beli masyarakat tengah meningkat, perusahaan sektor consumer akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar mengingat permintaan yang lebih tinggi. Secara tidak langsung, saham perusahaan consumer juga akan meningkat dan membuat para investor meraih keuntungan. Sebaliknya, ketika daya beli menurun, performa perusahaan consumer juga akan menurun dan berdampak pula pada portofolio yang akan menurun.

Kebijakan ekonomi


Pemerintah juga berperan besar terhadap saham perusahaan yang bergerak di bidang consumer. Ketika pemerintah mengeluarkan kebijakan ekonomi yang menguntungkan perusahaan consumer, maka pasar saham akan menanggapi positif hal tersebut dan bisa mengangkat nilai saham perusahaan di bursa. Sebaliknya, ketika kebijakan ekonomi seperti ekspor impor tidak menguntungkan, maka harga saham akan menurun dan bisa mempengaruhi portofolio Anda.

bursa saham


Kondisi politik


Kondisi politik di Indonesia juga berperan bagi saham perusahaan consumer. Ketika politik tengah gaduh, maka mayoritas saham di bursa akan menurun termasuk sektor consumer. Tapi, sektor consumer sangat terpengaruh karena kondisi ekonomi yang gaduh akan membuat masyarakat sulit untuk membeli barang dan daya belinya akan menurun. Akibatnya, kondisi ekonomi akan mengalami penurunan yang berdampak pada menurunnya harga saham perusahaan consumer di bursa.

Saham perusahaan consumer seperti yang dipimpin oleh CEO Mayora (MYOR) tetap penting untuk dimasukkan kedalam portofolio Anda. Sebab, perusahaan yang bergerak di bidang consumer cenderung tetap dibutuhkan walau kondisi perekonomian di Indonesia tengah resesi. Tapi, kebijakan ekonomi Indonesia yang diputuskan oleh pemerintah jelas bisa berperan besar terhadap pergerakan saham Consmer dan IHSG secara keseluruhan.

Hal-hal Apa Sajakah yang Dapat Mempengaruhi Saham Perusahaan Consumer? Hal-hal Apa Sajakah yang Dapat Mempengaruhi Saham Perusahaan Consumer? Reviewed by ibusuri on Jumat, Mei 24, 2019 Rating: 5

1 komentar:

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.