Sekolah Vokasi UGM Membuka 13 Program D4 Setingkat Sarjana Bergelar Sarjana Terapan (S.Tr.)

Mulai tahun ajaran 2019/2020, Sekolah Vokasi (SV) UGM membuat gebrakan dengan membuka program D4 yang setingkat sarjana atau S1 dan lulusannya akan bergelar Sarjana Terapan atau STr.

sekolah vokasi ugm


Beberapa bulan lalu, dalam pertemuan utusan perguruan tinggi negeri di DIY dengan orangtua murid SMAN di kota Yogyakarta, perwakilan UGM memberikan bocoran informasi bahwa UGM akan membuka program D4 yang setara dengan Sarjana atau S1.

Setelah ditunggu-tunggu, sampai dengan pelaksanaan UTBK, belum ada informasi resmi di laman SV UGM. Update terakhir masih tertanggal Penerimaan Mahasiswa Baru atau PMB tahun 2018. Kemungkinan update dilakukan setelah pelaksanaan UTBK selesai. Tapi jika teman-teman tertarik, sebaiknya terus memantau website tersebut.

Baca juga: Yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lolos SNMPTN

Sebenarnya sekitar sebulan lalu, SV UGM sudah melakukan sosialisasi dengan mengundang perwakilan SMA-SMA di DIY. Dalam pertemuan tersebut, selain membicarakan tentang PMB secara umum di UGM, dekan SV UGM diberi waktu khusus untuk menjelaskan mengenai program D4 tersebut.

Menurut Dekan SV UGM, Wikan Sakarinto, S.T., MSc., Ph.D., beda Sarjana Terapan dengan Sarjana program studi lainnya adalah dasar pembelajarannya yang 60% praktik dan 40% teori. Sumber: http://sv.ugm.ac.id/2019/04/09/sosialisasi-pmb-ugm-2019-mengundang-kepala-sekolah-se-diy/

Beberapa hari lalu, di group whatsapp (WAG) edukasi, ada yang membagikan pengumuman jurusan Sarjana Terapan yang dibuka SV UGM. Agar info valid, segera kami lakukan pengecekan ke website resmi SV UGM, ternyata tetap belum update. Lalu kami telusuri ke akun twitternya, yaitu @SV_UGM, ternyata berisi link dari akun instagram mereka, yaitu @sv_ugm. Di akun instagram tersebut juga belum ada tanggal pasti, tapi ada 2 video pak dekan mengenai sarjana terapan. Akun IG tersebut menyarankan agar follow akun @pmbsvugm untuk memantau update-nya. Update informasi terakhir di akun tersebut sama dengan yang kami peroleh di WAG, bahkan lebih lengkap dan rapi info yang dari WAG.

Berliku banget ya penelusuran informasinya? Heheheee.... Mungkin maksudnya agar fokus dengan masing-masing urusan. Tapi sebaiknya satu pintu saja, toh akun-akun IG tersebut jarang update juga.

Nah, bagaimana isi pengumuman tersebut?

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA TERAPAN SEKOLAH VOKASI UGM 2019


Daftar Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) yang dibuka:

1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Mesin
2. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat
3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Internet
5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Elektro
6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol
7. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil
8. S.Tr. Manajemen Informasi Kesehatan
9. S.Tr. Manajemen dan Penilaian Properti
10. S.Tr. Perbankan
11. S.Tr. Akuntansi Sektor Publik
12. S.Tr. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan
13. S.Tr. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

Program Sarjana Terapan merupakan program studi setara S-1, yaitu pada Level 6 KKNI. Program Sarjana Terapan menerapkan skema kurikulum yaitu 60% Praktek dan 40% Teori selama 8 semester (4 Tahun), termasuk program Magang Industri (dalam negeri maupun luar negeri) selama 1 sampai 2 semester di tahun keempat perkuliahan.

Adapun gelar lulusannya yaitu S.Tr. Misalnya untuk program Sarjana Terapan Di bidang teknik, maka gelar lulusannya yaitu S.Tr.T.

Baca juga: Skor UTBK Tidak Hanya Untuk SBMPTN Tapi Bisa Juga Untuk Seleksi Mandiri

Lulusan Sarjana Terapan SV UGM terbukti sangat dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri. Karena, program Sarjana Terapan dikembangkan dengan konsep Link and Match antara kampus dan industri. Yaitu, kurikulum dan tim dosen pengajar dikembangkan dan dikolaborasikan antara kampus dan industri.

Namun, apabila lulusan ingin melanjutkan studi, maka bisa meneruskan ke program studi Magister (S2) Terapan, baik di kampus-kampus di dalam maupun luar negeri.

Lulusan Sarjana Terapan selain menerima ijazah dan transkrip, juga akan menerima Sertifikasi Kompetensi serta menghasilkan produk/prototipe dan memiliki kemampuan komunikasi dengan Bahasa Asing yang baik.

Pengembangan prodi Sarjana Terapan sangat mendukung pengembangan Teaching Industry di SV UGM (konsep Link and Match antara Kampus dan Industri). Diharapkan akan mendorong terciptanya produk2 baru (prototipe industri), menambah jumlah paten, product register, publikasi riset terapan, serta hilirisasi produk inovasi ke pasar global maupun dalam bentuk pengabdian masyarakat.

PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB)


SV UGM menerima mahasiswa Program Sarjana Terapan (S.Tr) melalui 3 jalur:

  1. Jalur PBU (Penelusuran Bibit Unggul) / Jalur Rapor
  2. Jalur Ujian Tertulis (UTUL UGM)
  3. Jalur Nilai (Nilai UTUL + Nilai UTBK)
Informasi lengkap cek di www.um.ugm.ac.id.

PMB SV UGM
Telepon: (0274) 588999
WA: 085523900006
Line: afs7755b
Email: pmb.sv@ugm.ac.id
Instagram: @pmbsvugm

Posting Komentar

0 Komentar