Rabu, 10 April 2019

10 Penulis Wanita Terkaya Di Dunia

Apakah penulis bisa kaya raya? 10 penulis wanita terkaya di dunia ini menjadi bukti.

E.L. James with Fifty Shades Of Grey casts. Source: www.variety.com

Miris sekali mendengar penjelasan tentang royalti penulis Indonesia. Dengan royalti yang sangat kecil, bisakah hidup lebih dari cukup? Apakah penulis harus tampang lusuh dan susah terus?

Buktinya tidak harus seperti itu. Penulis cemerlang seperti Dee Lestari, Ika Natassa dan sebagainya itu bisa hidup sejahtera sebagai penulis. Memang sih, bukunya harus laris luar biasa sampai calon pembeli antri baru bisa mendapat royalti yang besar. Syukur kalau dijadikan film dan filmya ikut laris.

Lalu bagaimana dengan para penulis tingkat dunia? Dengan pangsa pasar yang sangat besar, seberapa besar kekayaan yang berhasil mereka kumpulkan? Berikut adalah informasi yang didapat dari www.forbes.com dan www.moneyinc.com.

Baca juga: 5 Wanita Inspiratif Di Grammy Awards-2019

10 Penulis Wanita Terkaya Di Dunia


10. Paula Hawkins 


Source: bbc.com

Paula Hawkins yang berkebangsaan Inggris ini belum lama masuk ke deretan penulis-penulis dengan pendapatan fantastis. Mungkin total kekayaannya pun belum bisa menyaingi penulis-penulis yang telah lebih dulu terkenal. Tapi Paula tetap layak disebutkan karena berhasil masuk kembali jajaran penulis berpendapatan terbesar di tahun 2018 setelah sempat terlempar tahun sebelumnya.
Paula masuk ke dalam daftar penulis berbayaran tertinggi pertama kali tahun 2016 sebesar $10 million dari bukunya, The Girl On The Train.

9. Jackie Collins

Source: twitter.com

Jackie Collins sudah meninggal tahun 2015 karena kanker. Dia adalah penulis novel kelahiran Inggris yang sangat digemari wanita modern perkotaan. Tema-tema novelnya yang seputar kehidupan high class, intrik dan percintaan sangat laris di pasaran. Penggemarnya tidak hanya yang relate dengan kehidupan gemerlap, melainkan juga orang-orang yang memiliki khayalan seperti itu.
Jackie Collins memang punya hubungan dengan Joan Collins, the bitch dalam serial TV Dynasty. Mereka kakak adik. Jackie sudah menulis 32 novel dan diantaranya berhak mendapat  klaim sebagai The New York Times Best Seller. Novel Jackie telah diterjemahkan dalam 40 bahasa. Kekayaannya diperkirakan sebesar $180 million saat meninggal.

8. Allison DuBois


medium.fandom.com

Pernah nonton serial TV Medium yang diperankan Patricia Arquette? Acara itu didasarkan buku dan pengalaman Allison DuBois sebagai medium atau perantara dua dunia alias paranormal. Alison sering membantu mengungkap peristiwa kejahatan. Bukunya baru 4 dan semuanya tentang fenomena paranormal. Namun, itu saja sudah cukup memberikan kekayaan sebesar $200 million pada Allison. Dunia antara ada dan tiada seperti itu memang sangat menarik orang.

7. Olivia Harrison


Source: ethnicelebs.com


Olivia Harrison memang ada hubungannya dengan George Harrison. Olivia adalah mantan istri George Harrison dan tetap menyandang nama mantan suami setelah bercerai. Sumber utama kekayaan wanita kelahiran Mexico ini tak jauh dari kisah-kisah dibalik kejayaan The Beatles. Salah satunya, menjadi co-writer untuk buku George Harrison: Living In The Material World. Jika teman-teman punya TV berlangganan, buku tersebut sudah diangkat ke layar kaca dalam bentuk dokumenter. Total kekayaan Olivia diperkirakan sebesar $275 million.

6. Barbara Taylor Bradford


Source: telegraph.co.uk

Barbara Taylor Bradford yang lahir di Inggris ini dikenal dengan serial roman Emma Harte saga, melalui debut novel A Woman Of Substance. Selain itu, Barbara juga menulis buku anak dan interior design. Kekayaannya sekitar $300 million.

Baca juga: 10-year Challenge Selebriti

5. Pleasant Rowland


Source: forbes.com

Berlatar-belakang jurnalis, Pleasant Rowland adalah penulis yang pandai menggabungkan buku dengan boneka dan merchandise lainnya. Istilah yang umum kita gunakan adalah writerpreneur. Dia adalah pencipta merk American Girl. Total kekayaannya diperkirakan mencapai $310 million.

4. E.L James 


Nama E.L James mungkin asing bagi sebagian orang yang tidak suka membaca, apalagi yang tebal. Padahal isi buku ini sangat sexy dan bikin pembacanya deg-degan tidak karuan. Mungkin kita lebih mengenal filmnya, Fifty Shades Of Grey. Yaaa.... sudah jelas ya sekarang? Sudah nonton? Ibu inilah penulis cerita erotis yang disukai banyak orang tersebut. Pendapatan utamanya berasal dari penjualan Fifty Shades Freed sebesar $371 million. Dia juga masuk dalam daftar penulis berpendapatan terbanyak tahun 2018 sebesar $10.5 million.

3. Danielle Steel


Source: daniellesteel.net

Genre roman memang menjadi andalan para penulis wanita. Faktanya, novel roman memang laku keras. Danielle Steel adalah penulis roman yang mungkin paling dikenal di dunia. Meski kehidupan asmaranya sendiri cukup menyedihkan, Danielle mampu menghasilkan 70 novel, picture book, buku anak-anak dan sebagainya. Pendapatan Danielle di tahun 2018 sangat tinggi, yaitu $12 million, termasuk dalam daftar penulis dengan bayaran tertinggi. Total kekayaannya sekitar $380 million.

2. Nora Roberts 


Source: forbes.com

Nora Roberts adalah salah satu penulis novel romantis yang tangguh di Amerika. Nora sudah menulis 209 judul novel sepanjang karirnya. Lebih dari 1,5 juta buku Nora telah terjual di Amerika. Nora masuk dalam daftar penulis berbayaran tertinggi tahun 2018 sebesar $12 million, sama seperti Danielle Steel. Total kekayaannya diperkirakan sebesar $390 million.

1. J.K. Rowling 


Source: cnbc.com

Sudah bisa diperkirakan, J.K Rowling adalah penulis wanita tersukses sekaligus terkaya di dunia. Di tahun 2018, Rowling mampu bersaing dengan penulis pria untuk bayaran tertinggi sejumlah $54 million. Total kekayaan Rowling sendiri diperkirakan lebih dari $1 billion, yang menempatkannya sebagai penulis terkaya, mengalahkan semua penulis wanita dan pria didunia.
Harry Potter mengawali pendapatannya yang fenomenal dari buku, disusul film yang meledak di pasaran. Pendapatannya makin membengkak dengan kesuksesan theme park, penjualan merchandise dan pertunjukkan-pertunjukan teater Harry Potter. Sementara itu, beberapa buku dan film Fantastic Beasts tidak memberi kontribusi sebanyak Harry Potter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.