Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN

Selamat buat yang lolos SNMPTN. Setelah itu, apa?

kuliah


Lolos SNMPTN memang membuat calon mahasiswa bahagia tak terkira. Perjuangan selama 2,5 tahun untuk mendapatkan nilai stabil dan prestasi yang memadai membuahkan akhir yang dramatis tapi manis. Banyak yang telah dikorbankan, diantaranya waktu untuk bersantai dan bermain. Sekarang semuanya telah terbayar. Saatnya bersiap untuk menjalani pendidikan yang lebih tinggi.

1. Bergabung Dengan Group Prodi


Enaknya calon mahasiswa baru jaman sekarang adalah komunikasi yang lebih mudah. Begitu keluar pengumuman SNMPTN, pengurus himpunan mahasiswa masing-masing prodi langsung membuka group untuk calon mahasiswa tersebut. Beberapa yang terpantau membuka group tersebut melalui platform LINE. Mungkin prodi lain membuka group di platform yang berbeda. Jadi, silakan dicari saja group prodi masing-masing.

Para admin dalam group tersebut akan membimbing calon adik tingkatnya untuk mendaftar ulang. Informasi tentang tata cara dan formulir daftar ulang bisa dikomunikasikan disana. Group ini akan sangat bermanfaat sampai masa orientasi hingga lulus. Hanya saja setelah resmi menjadi mahasiswa, admin group akan diambil alih oleh ketua angkatan di kalangan mahasiswa baru itu sendiri.

Baca: Beda Orangtua Mahasiswa Dulu Dan Sekarang

2. Selesaikan Kewajiban Di Sekolah


Pengumuman SNMPTN dilakukan sebelum Ujian Nasional atau UN. Maka, selesaikan UN lebih dulu dengan baik. Selesaikan pula kewajiban lain, misalnya membayar iuran dan mengembalikan buku perpustakaan. Ikuti pula kegiatan penutup sekolah, antara lain pengumuman kelulusan dan perpisahan. Kegiatan-kegiatan sekolah seperti itu akan merekatkan silaturahmi dengan sekolah dan teman-teman alumni. Selain itu, sayang kan kalau melewatkan saat-saat terakhir meninggalkan masa-masa sekolah?

Buku-buku latihan soal UTBK yang sudah terlanjur dibeli buat apa? Sebaiknya diberikan ke teman-teman yang belum lolos SNMPTN. Enggak usah eman-eman. Selain untuk memberikan semangat belajar ke teman-teman yang masih harus berjuang, juga insya Allah ada balasan pahala.

3. Daftar Ulang


Di halaman pengumuman lolos SNMPTN ada link menuju ke daftar ulang. Nah, baca baik-baik timeline-nya agar tidak terlewat. Buat daftar surat keterangan, foto dan formulir yang harus disiapkan atau diisi dalam lembar excel. Tempelkan di depan map atau amplop besar. Jika ada berkas yang sudah diselesaikan, segera masukkan ke dalam map atau amplop tersebut, lalu centang daftar excelnya. Berkas tahun 2019 lebih rigkas dibandingkan tahun sebelumnya, tapi tetap harus dicicil.

Berkas yang harus disiapkan tergantung dari persyaratan PTN yang bersangkutan, tapi tak perlu difotocopy karena semua akan diupload secara online antara lain:

  • KK
  • KTP orangtua
  • Pasfoto
  • Surat keterangan penghasilan orangtua disertai laporan pajak penghasilan
  • Surat keterangan dari kelurahan jika tidak berpenghasilan
  • Kartu BPJS atau KIS
  • Kwitansi PBB
  • Foto rumah
  • Surat keterangan sehat
  • Surat keterangan bebas napza. Bisa didapat di rumah sakit atau puskesmas besar. Tidak ditanggung BPJS.
  • Dan surat pernyataan lainnya.


4. Cari Informasi Kos


Lolos SNMPTN berarti keuntungan bisa mencari kos lebih dahulu bagi yang berasal dari luar kota. Tipsnya adalah cari kos terbaik sesuai kantong tanpa menunggu ada tulisan "kamar kosong" didepan kos-kosan tersebut. Jika sudah tertarik, tetap saja hubungi kos tersebut untuk menanyakan apakah akan ada yang akan wisuda dalam waktu dekat? Jarak waktu pengumuman SNMPTN dengan hari pertama masuk kuliah itu cukup lama, sekitar 3 bulan. Jadi ada kemungkinan ada yang wisuda dalam jangka waktu tersebut. Kita bisa booking dulu walaupun penghuni kamar tersebut belum keluar.

Jika asal tempat tinggal sangat jauh dan harus mengirit biaya, bisa bertanya pada alumni atau kenalan di media sosial yang terpercaya. Selain itu bisa juga memantau jasa pencari kos-kosan yang bertebaran di instagram atau portal seperti mamikos. Namun, tetap jaga kewaspdaan dan ketelitian agar tidak tertipu.

Baca: Jika Menjadi Korban Pelecehan Seksual

5. Persiapan Akomodasi


Ada 4 hal yang wajib dipersiapkan jauh-jauh hari menjelang dimulainya kehidupan sebagai mahasiswa yaitu ponsel, tempat tinggal bagi yang kos, alat transportasi dan laptop. Tak semuanya harus beli baru atau mahal. Sesuaikan dengan kondisi keuangan orangtua, ya. Kasihan loh mereka harus keluar uang banyak termasuk untuk UKT.

Untuk ponsel, sepertinya sudah punya semua, ya? Pastikan saja cukup untuk mengikuti group-group yang nantinya terbentuk mengikuti kegiatan di kampus. Sekarang banyak ponsel murah dengan spesifikasi cukup untuk itu.

Untuk kos, pastikan saja cukup nyaman untuk tidur. Untuk belajar, jika kosnya sempit, bisa belajar di sekitar kampus yang selalu terbuka hingga malam. Kos-kosan harus ada wifi? Kalau ortu mampu sih tidak apa-apa. Jika mampunya di kos murah, bisa numpang internetan di kampus atau perpustakaan pemerintah. Contohnya, tiap mahasiswa teknik UGM diberi jatah 4GB free wifi per hari. Makanya selalu ramai mahasiswa mengerjakan tugas hingga malam hari. Mesjid-mesjid kampus sekarang juga bagus-bagus jika kamar kos kurang nyaman untuk beribadah dengan khusyu', kecuali sholat subuh bisa di mesjid terdekat.

Keberadaan wifi sangat membantu untuk mengirit pengeluaran buku karena sekarang sudah banyak yang dikonversi ke e-book. Kalau misalnya transferan lagi macet, jangan marah pada ortu. Yakinlah bahwa ortu juga sedang kesulitan dan tak berhenti berusaha untuk memenuhi kebutuhanmu. Manfaatkan dulu yang ada seperti ebook gratis dari kampus.

Setelah mendapatkan kos, jangan buru-buru menambahkan perabotan. Manfaatkan yang ada saja. Selain nanti ribet jika lulus, lebih baik tabungan difokuskan untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Mahasiswa yang aktif hanya beberapa jam saja di kos, itupun hanya untuk tidur.

Alat transportasi itu tidak wajib beli motor, ya. Jangan memberatkan orangtua. Cari kos dekat kampus. Masih banyak yang murah kok di gang-gang. Jadi bisa jalan kaki atau naik sepeda ke kampus. Beberapa kampus juga menyediakan sepeda gratis sebagai alat transportasi dari gedung ke gedung.

Laptop sangat penting karena jaman sekarang banyak tugas kuliah dikerjakan secara online. Tak perlu beli dengan spesifikasi yang berlebihan. Bertanyalah ke kakak tingkat lebih dahulu, spesifikasi minimal seperti apa yang dibutuhkan. Biasanya seputar kampus banyak yang berjualan laptop second. Jika beli second, rajin-rajin cari rekomendasi dan ajaklah teman yang paham teknis agar tidak kecewa. Jika benar-benar tidak mampu membeli laptop, buatlah manajemen tugas dan waktu sebaik mungkin agar efisien jika harus ke rental.

6. Persiapan Logistik


Persiapan logistik ini penting karena kita bukannya mau kemah, melainkan akan long stay untuk belajar selama maksimal 5 tahun atau lebih jika melanjutkan ke S2. Gizi sering dilupakan padahal sangat penting. Jangan sampai makan nasi penyet atau angkringan tiap hari yang minim sayuran. Belum lagi makanan warung sekarang tidak selalu murah dibandingkan dengan restoran. Banyak yang sama mahalnya.

Jika mampu, usahakan dapat kos yang ada kulkas supaya bisa menyimpan sayuran dan buah-buahan. Jika tidak ada kulkas, tetap usahakan membeli sayuran yang tak perlu dimasak dalam porsi kecil agar tidak mudah busuk, misalnya selada, timun, tomat dan sebagainya. Jangan lupa selalu sediakan buah-buahan.

Soal alat masak, tergantung kebijakan pemilik kos. Ada yang sudah dilengkapi dapur, ada yang harus membawa alat masak sendiri. Siapkan peralatan masak yang praktis saja jika harus membawa sendiri dan minimalkan kegiatan memasak.

7. Persiapan Fisik Dan Mental


Persiapan fisik dan mental itu adalah kunci dari semuanya. Kegiatan perkuliahan sangat padat, jadi mumpung tenggang waktu cukup lama dari pengumuman SNMPTN hingga hari pertama kuliah, gunakan untuk berolah raga dan belajar mandiri. Pertebal iman agar nantinya tidak kebanyakan main. Suasana belajar SMA dan kuliah berbeda. Jika tidak punya dorongan sendiri, tidak akan berhasil karena tidak ada yang mengejar-ngejar tugas seperti bapak dan ibu guru.

Kuliah jaman sekarang juga dibatasi, tidak seperti jaman dahulu yang sampai ada istilah mahasiswa abadi saking lamanya tidak lulus. Pada tahun ke-3, jika IPK tidak memenuhi syarat, mahasiswa bisa diminta mengundurkan diri karena dianggap tidak akan mampu menyelesaikan masa study tepat waktu, yaitu maksimal 5 tahun.

Nah, itu dulu, ya. Semoga daftar ulangnya lancar dan persiapannya matang agar bisa memasuki masa kuliah dengan tenang. Selamat!

Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN Yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNMPTN Reviewed by ibusuri on Selasa, Maret 26, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.