Bukan Cuma Buat SBMPTN, Skor UTBK Bisa Buat Seleksi Mandiri PTN

Jika kamu pejuang UTBK, jangan kasih kendor ya karena skor UTBK tidak hanya bisa digunakan untuk SBMPTN tapi juga bisa digunakan untuk ikut seleksi mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri atau PTN.


uny


Situs-situs LTMPT, SNMPTN dan SBMPTN memang terlihat tidak siap. Daftar belakangan salah, daftar awal juga salah. Seluruh siswa kelas XII berbarengan mendaftar sehingga server LTMPT overload. Semoga sisa waktu rangkaian penerimaan mahasiswa baru PTN 2019 berjalan lancar dan semoga tahun depan diatur bergiliran dengan jadwal yang tegas sehingga adil bagi semua calon peserta, utamanya di daerah-daerah terpencil yang susah sinyal.

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah sistem baru sebagai syarat mengikuti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi). Setelah mendapat hasilnya, skor UTBK tersebut dijadikan dasar untuk mendaftar SBMPTN.

UTBK berlangsung dalam 2 gelombang.

Gelombang 1:
Pendaftaran: 1-24 Maret 2019
Ujian: 25 Maret - 1 April 2019
Gelombang 2:
Pendaftaran: 13 April - 4 Mei 2019
Ujian: 11-26 Mei 2019

Baca juga: Prodi Baru PTN 2019

UTBK Gelombang 1

Saat ini, 6 Februari 2019, sedang berlangsung pendaftaran UTBK. Beberapa kali terjadi server error, tapi jangan menyerah karena masih ada waktu sampai 24 Maret 2019. Gelombang 1 ini memang sudah diperkirakan akan terjadi banyak error mengingat pesertanya adalah seluruh siswa kelas XII termasuk peserta SNMPTN ditambah siswa gap year atau lulus tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan pendaftaran SNMPTN lalu yang pesertanya terbatas saja sampai harus diberi penambahan waktu karena bolak balik error.

Katanya peserta SNMPTN tidak boleh mendaftar SBMPTN? Itu memang benar, tapi setelah dia dinyatakan diterima melalui jalur SNMPTN. Ketika itu usernamenya akan langsung dikunci oleh sistem.

Mengapa peserta SNMPTN ikut mendaftar gelombang 1? Karena pengumuman SNMPTN itu tanggal 23 Maret 2019 yang berarti hanya selisih 1 hari dari batas waktu pendaftaran UTBK gelombang 1. Daripada terjadi sesuatu, misal server error atau gangguan sinyal, mereka mengamankan diri dengan tetap mendaftar UTBK dengan resiko kehilangan uang Rp 200.000,- yang merupakan biaya pendaftaran UTBK jika diterima di SNMPTN.

Kegunaan UTBK

Seperti jadwal diatas akan ada 2 gelombang UTBK. Peserta SBMPTN boleh ikut gelombang 1 saja, gelombang 2 saja atau dua-duanya, kecuali peserta SNMPTN yang sudah lolos. Skor UTBK diinformasikan akan keluar paling lama 10 hari setelah UTBK.

Skor UTBK digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Jadi, sistemnya seperti NEM SMA. Peserta boleh memilih skor terbaik jika ikut UTBK 2 kali untuk mendaftar jurusan dan perguruan tinggi yang diidamkan.

Tidak hanya itu, ternyata skor UTBK juga bisa digunakan untuk mendaftar seleksi mandiri yang diadakan oleh masing-masing PTN.

Baca juga: Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019

Seleksi Mandiri Menggunakan UTBK

Ada berbagai cara masuk PTN, jadi jangan hanya terpaku dengan SNMPTN dan SBMPTN. Diluar kedua sistem tersebut masih ada jalur prestasi dan seleksi mandiri. Untuk jalur prestasi sudah jelas ya, peserta harus punya prestasi di bidang tertentu, misal akademik, seni, olahraga atau agama. Semuanya harus melampirkan sertifikat tingkat regional, nasional atau internasional.

Jika prestasi biasa-biasa saja, tidak punya sertifikat, bisa mencoba ikut seleksi mandiri. Seleksi mandiri ini diselenggarakan oleh masing-masing PTN. Karena itu, waktu dan aturannya terserah mereka. Peserta harus cek langsung di website masing-masing PTN penyelenggara. Meski demikian, ada batas waktu yang ditetapkan oleh Kemristekdikti sehingga semua jalur tersebut harus selesai di waktu tertentu agar jadwal perkuliahan bisa segera dimulai di waktu yang telah ditentukan.

Perbedaan antara seleksi mandiri dengan sistem seleksi nasional tidak sama di tiap PTN penyelenggara. Untuk UGM misalnya, menegaskan tidak ada perbedaan perlakuan antara yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri yang disebut dengan UTUL (Ujian Tertulis). Bahkan dasar pengenaan dan besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) juga sama.

Proses seleksi mandiri yang dijalankan masing-masing PTN juga berbeda. Ada yang membuat soal sendiri sesuai dengan standar mereka, ada yang praktis saja menggunakan skor UTBK!

Yang sudah dengan tegas menyatakan akan menggunakan skor UTBK untuk seleksi adalah Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY. Ketentuannya sudah bisa dibaca di laman UNY. Untuk UGM, belum diketahui apakah akan membuat soal sendiri seperti tahun-tahun sebelumnya ataukah akan menggunakan skor UTBK karena halaman seleksi mandiri belum diperbaharui. Sedangkan untuk PTN-PTN lain belum sempat cek. Silakan dicek sendiri.

Nah, sekarang yang penting jangan menyerah untuk mendaftar UTBK jika belum berhasil. Jika sudah berhasil, berlatihlah terus agar mendapat skor UTBK yang maksimal. Jika SBMPTN belum berhasil, gunakan skor UTBK untuk ikut seleksi mandiri dan cobalah berganti jurusan atau PTN yang berbeda dari pilihan ketika SBMPTN. Lumayan kan, tidak perlu tes terus-terusan.

Banyak jalan untuk mencapai tujuan. Ada yang diberi jalan mudah, ada yang dicoba ketangguhannya oleh Allah SWT lebih dahulu. Yang terpenting adalah jangan menyerah! Jalan menuju sukses masih panjang dan tak harus melalui jalan yang sama seperti orang lain. Semoga berhasil!

Bukan Cuma Buat SBMPTN, Skor UTBK Bisa Buat Seleksi Mandiri PTN Bukan Cuma Buat SBMPTN, Skor UTBK Bisa Buat Seleksi Mandiri PTN Reviewed by ibusuri on Maret 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →