Johnny Depp Vs Amber Heard, Wanita Juga Bisa Dituduh Sebagai Pelaku KDRT

Judulnya "dituduh sebagai pelaku KDRT" ya, karena memang belum ada keputusan pengadilan terkait perseteruan mantan suami-istri Johnny Depp dan Amber Heard.


johnny depp amber heard
Source: dailymail.co.uk & pinterest.

Akhir tahun 2018, mantan pasutri ini berada dalam kondisi yang bertolak belakang. Sama-sama membintangi film yang bertema samudra, Amber Heard sukses memerankan Princess Mera di film laris Aquaman, sementara Johnny Depp didepak dari sekuel Pirates Of The Caribbean. Meski peran Captain Jack Sparrow sudah sedemikian melekat, Disney memutuskan tidak akan mengajak Johnny Depp lagi karena ratingnya yang buruk di sekuel terakhir dan masalah pribadi yang tak kunjung selesai.

Di tahun 2019 ini, keadaan berbalik. Netizen mendesak produsen Aquaman, yaitu Warner Bros, DC Entertainment Inc, DC Films dan The Safran Company untuk membatalkan keikutsertaan Amber Heard di Aquaman 2. Mereka beramai-ramai menandatangani petisi di change.org untuk menolak kehadiran Amber Heard di film tersebut. Amber Heard sedang menjadi bulan-bulanan netizen dengan segala caci maki di media sosial.

Baca juga: 5 Wanita Inspiratif Grammy Awards 2019

Sementara itu, media resmi masih menahan diri untuk memberikan publikasi sehingga tak banyak berita tentang tuduhan melakukan KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) yang dialamatkan ke Amber Heard. Ini membuat netizen geram karena kondisinya berbeda ketika Johnny Depp yang dituduh sebagai pelakunya dulu. Ada yang menyangka media tak siap dengan kenyataan yang tak lazim ini. Ada yang menuduh media punya agenda yang berbeda, dan sebagainya.

Yang jelas, 87 kamera pengintai yang dilaporkan Johnny Depp sebagai barang bukti membuat banyak pihak berpikir ulang. Sebagian besar menyesalkan apa yang telah mereka lakukan sendiri dengan memojokkan Johnny Depp dahulu. Sebagian sangat marah karena Amber Heard akan membuat posisi korban KDRT yang sebagian besar wanita menjadi makin sulit, mengingat tanpa masalah inipun korban sudah takut tidak dipercayai jika mengadu ke orang lain atau lapor ke polisi.

Pernikahan Johnny Depp dan Amber Heard sebenarnya cukup singkat, hanya 2 tahun termasuk 1 tahun perselisihan di pengadilan sebelum kemudian Amber Heard berhubungan dengan Elon Musk, boss Tesla. 

Tapi periode singkat itu diisi dengan penuh kekerasan. Keduanya punya foto wajah penuh goresan, bahkan ujung jari Johnny Depp dikabarkan terpotong atau dipotong. Dalam kondisi demikian, tuduhan pelaku KDRT seperti sudah otomatis ditujukan pada si laki-laki.

Meski mantan pasangan Johnny Depp, yaitu Vanessa Paradis mengatakan bahwa tak mungkin Johnny Depp bertindak sekasar itu, tapi Johnny Depp tetap kalah di pengadilan sehingga mereka bercerai resmi tahun 2017. Johnny Depp wajib membayar uang settlement sebesar USD 7 juta kepada Amber Heard.

Sekarang, kondisi berbalik! Johnny Depp menggugat Amber Heard dengan tuduhan pencemaran nama baik sebesar USD 50 juta, berlipat-lipat dibandingkan uang settlement perceraian mereka. Perkara ini terus bergulir panas, bahkan sempat trending di twitter. Tiap hari tak pernah sepi dari caci maki netizen yang merasa tertipu dengan sosok Amber Heard yang sebelumnya terkenal humanis. Sementa itu, penasehat hukum Amber Heard hanya memberikan pernyataan singkat tentang usaha untuk menjatuhkan kliennya tersebut. Belum ada sanggahan terhadap rekaman-rekaman kamera pengintai tersebut.

Baca juga: Kenali 7 Tanda Abusive Relationship

Kasus ini memberikan kita pelajaran untuk tidak langsung mempercayai perkara hukum sebelum ada pembuktian pengadilan, bagaimanapun tampak masuk akalnya kejadian tersebut. Dalam setiap peristiwa hukum, bisa saja terjadi ketidaksengajaan, kesengajaan atau memang direncanakan secara matang. Perkara hukum tidak bisa diputuskan hanya dengan "katanya". Semua harus dibuktikan dan bersiaplah untuk kenyataan yang paling tidak mungkin sekalipun.

Praduga tak bersalah seharusnya diberikan kepada Johnny Depp dahulu dan kepada Amber Heard sekarang. Jangan sampai netizen tak sabar, menghakimi sebelum hakim resminya ketuk palu.

Johnny Depp Vs Amber Heard, Wanita Juga Bisa Dituduh Sebagai Pelaku KDRT Johnny Depp Vs Amber Heard, Wanita Juga Bisa Dituduh Sebagai Pelaku KDRT Reviewed by ibusuri on Kamis, Maret 21, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.