120 Prodi Baru Dipersiapkan Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019, Ini Tips Berburunya

Buat siswa kelas XII dan lulusan tahun sebelumnya, bersiaplah menghadapi tambahan 120 program studi baru (Prodi) atau jurusan di Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (PMB PTN) 2019.


ptn
Foto: pexels.com

Beberapa waktu lalu ada pengarahan dari perwakilan 5 PTN se DIY. Salah satu yang disampaikan adalah penambahan beberapa program studi baru. Setelah browsing di internet, ketemulah berita di laman Ristekdikti wilayah Maluku bahwa akan ada 120 program studi (prodi) baru. Sayangnya, keputusan final belum berhasil ditemukan. Namun demikian, ini perlu sekali dicermati karena berarti peluang diterima di PTN semakin besar, asal tidak salah pilih.

Baca juga: Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019

Pembukaan program studi baru yang cukup banyak tahun ini didukung oleh syarat yang lebih lunak (KR Des 2018), yaitu:

  1. Ada kelembagaan (universitas, sekolah tinggi dan sejenisnya)
  2. Ada 5 dosen
  3. Infrastruktur
  4. Keuangan
  5. Kurikulum


Perwakilan dari UGM (maaf tidak tahu namanya) mengatakan bahwa kedepannya program studi akan semakin spesifik karena keahlian itu butuh kekhususan, tidak bisa bersifat umum.

Karena itu, akan banyak jurusan-jurusan baru di PMB PTN 2019 kali ini yang mungkin terdengar aneh di telinga karena menunjukkan kekhususannya. Jadi terlepas apakah keputusan finalnya 120 prodi atau tidak, penambahan yang diwacanakan cukup banyak. Maka dari itu perlu strategi agar tidak ketinggalan update.

Baca juga: Rumah Belajar, Bimbel Online Gratis Kemendikbud

Sebenarnya kurang setuju penggunaan kata "kekinian" untuk merujuk jurusan-jurasan baru tersebut karena lebih cocok dengan istilah "sesuai dengan perkembangan jaman". Hasilnya baru akan dimanfaatkan 4-5 tahun mendatang.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo mengatakan, program studi yang akan dibuka disesuaikan dengan tujuan pembangunan jangka panjang terutama yang masuk dalam bidang science, technology, enggineering, matemathics (STEM).

Karena itu, lulusan SMA jurusan MIPA akan mendapat lebih banyak pilihan. Namun demikian, jurusan-jurusan soshum juga dimungkinkan untuk membuka prodi baru.

PROGRAM STUDI BARU PMB PTN 2019 YANG MENARIK


Dari sedemikian banyaknya program studi baru yang akan dibuka, setidaknya ada 2 jenis alasan pengajuannya:
  • Mengikuti perkembangan jaman, termasuk hal-hal populer, misalnya yang berhubungan dengan kopi, digitalisasi keuangan, digitalisasi informasi dan bisnis hiburan.
  • Pengembangan potensi daerah, seperti daerah penghasil kopi, industri kertas dan sebagainya.
PTN yang sudah mendapatkan ijin membuka prodi baru segera melakukan sosialisasi. Beberapa waktu lalu jurusan MIPA UGM memperkenalkan prodi Aktuaria ke siswa-siswa kelas XII di Jogja. Aktuaria berhubungan dengan resiko pengelolaan asuransi sehingga didalamnya juga mempelajari statistika dan probabilitas. Karena itu lebih cenderung ke MIPA daripada ekonomi.


Jurusan baru lainnya yang menarik di UGM adalah teknik infrastuktur lingkungan. Dunia makin memiliki kesadaran akan kelestarian lingkungan sehingga instruktur yang dibangun harus memperhatikan konsep pembangungan berkelanjutan. Contohnya, diharapkan tak ada lagi jalan yang berubah menjadi sungai tiap kali hujan gara-gara ada apartemen baru.

Sedangkan kampus yang terkenal dengan jurusan pertambangan dan perminyakan seperti UPN Yogyakarta, akan menambah jurusan yang sesuai dengan prodi-prodi tentang kebumian yang sudah eksis sebelumnya, yaitu teknik geomatika.

TIPS BERBURU JURUSAN BARU PTN 2019

Sayangnya, perubahan ini berjalan simultan dengan proses PMB PTN 2019 yang saat ini sudah sampai pada pemeringkatan nilai oleh tim SNMPTN 2019 sehingga diperlukan ketelitian dalam menyimak perkembangannya.

1. Pantau website PTN


Agak terkejut ketika mendengar salah satu ortu siswa menanyakan alamat website masing-masing perguruan tinggi dalam acara pengenalan PTN lalu. Ternyata masih banyak ortu yang gaptek meskipun secara ekonomi mampu dan penampilannya terpelajar. 

Gampangnya, alamat website PTN diakhiri dengan ac.id. Misalnya www.ugm.ac.id, www.itb.ac.id, www.uny.ac.id, dan seterusnya.

Para narasumber PTN mengatakan bahwa setiap ada keputusan baru akan diunggah di laman resmi. Orangtua dan siswa diminta untuk selalu cross check dengan laman-laman tersebut setiap mendapatkan selentingan tetangga atau berita dari media. Jika di laman tersebut tidak ada, maka berita itu tidak benar atau belum ada kepastian.

2. Kok Jurusan Baru Belum Tercantum?


Karena waktunya yang tidak memadai, beberapa jurusan baru hanya ada da di ujian mandiri diluar SNMPTN dan SBMPTN. Nama ujian mandiri ini berbeda di tiap PTN. Misalnya di UGM disebut UTUL atau Ujian Tulis, di UI disebut Simak.

Penting sekali untuk meneliti seluruh daftar program studi kembali jika tidak berhasil lolos di SBMPTN dan ingin berjuang lagi di ujian mandiri. Daftar prodi di SBMPTN dan ujian mandiri bisa saja berbeda.

3. Jurusan Baru Saingan Sedikit?


Seharusnya begitu jika banyak yang tidak tahu. Tapi di era informasi mudah didapat ini, banyak yang sudah tahu dan banyak yang berpikir begitu. Perlu kehati-hatian karena tidak ada rekam jejak persaingan seperti prodi yang sudah lama ada. Siswa tidak bisa mengukur tingkat persaingan. Benar-benar buta. Maka yang penting adalah jurusan baru itu memang diinginkan siswa bagi masa depannya. 

4. Masa Kini Atau Masa Depan?


Meski sudah melalui kajian ilmiah tapi tetap saja ada beberapa jurusan yang diwacanakan itu seperti respon terhadap apa yang sedang populer sekarang. Berhati-hatilah dan perbanyak referensi apakah yang sedang populer sekarang itu akan bertahan lama? Ingat, jurusan tersebut dipersiapan untuk mengantisipasi kebutuhan 4-5 tahun lagi dan tahun-tahun setelahnya.

5. Keberadaan Sponsor


Hah, urusan akademik kok bersponsor? Heheheee itu bukan hal aneh karena salah satu syarat pengajuan prodi baru adalah infrastruktur dan keuangan yang mendukung. Kehadiran BUMN atau perusahaan swasta bisa mempercepatnya. Dukungan itu terutama karena perusahaan itu sendiri membutuhkan keahlian tersebut. Peluang untuk langsung bekerja setelah lulus akan merupakan keuntungan tersendiri.

Selain berusaha, jangan pernah lupa berbuat baik pada sesama dan perbanyak doa, ya. Semoga berhasil!

120 Prodi Baru Dipersiapkan Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019, Ini Tips Berburunya 120 Prodi Baru Dipersiapkan Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2019, Ini Tips Berburunya Reviewed by ibusuri on Jumat, Februari 01, 2019 Rating: 5

1 komentar:

  1. wah makin banyak jurusan aja. semoga makin byk lapangan kerja jg ya

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.