Jadwal Dan Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2019

Jadwal dan tahapan pendaftaran SNMPTN 2019 resmi diluncurkan oleh LTMPT hari ini tanggal 4 Januari 2019.


syarat pendaftaran SNMPTN 2019

Siswa kelas XII atau kelas 3 SMA dan para orangtuanya mungkin sudah tahu semua bahwa tahun ini banyak perubahan signifikan tentang penyelenggaraan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Seleksi melalui SNMPTN ini berarti mengandalkan rapor kelas X sampai XII semester ganjil atau semester 1-5 dan prestasi. Jadi, untuk jalur ini, selesai sudah tahap pengumpulan modalnya, tinggal hati-hati dalam pengisian PPDS dan penentuan pilihan, serta berdoa yang kenceng.

Jika dilihat dari deskripsi SNMPTN 2019 diatas, perubahan paling signifikan adalah kuota pendaftar tiap sekolah yang berkurang tajam.


Jika tahun 2018 yang boleh mendaftar SNMPTNuntuk akreditasi A misalnya sebanyak 60%, maka tahun 2019 ini hanya diijinkan 40% saja. Tujuannya agar terjadi pemerataan dan sebagai preventif mengingat tahun-tahun sebelumnya banyak bangku kosong akibat siswa-siswa berprestasi diberi kesempatan terlalu luas untuk memilih. Padahal bangku-bangku kosong tersebut bisa digunakan oleh siswa lain untuk menimba ilmu. 

Baca ulang: SNMPTN 2018

Perubahan besar lain dari SNMPTN 2019 ini juga terletak pada pilihan jurusan yang hanya boleh 2 program studi dan disarankan tidak lintas jurusan. 


Untuk lintas jurusan ini masih harus dikonfirmasi dengan universitas yang dituju. Ini juga untuk pemerataan kesempatan sehingga tidak ada yang semena-mena mengambil pilihan dan menutup kesempatan siswa lain.

tahapan SNMPTN 2019

Tahapan atau alur SNMPTN 2019 bisa dilihat pada gambar di atas. 

Jadi keterlibatan dalam tahapan SNMPTN 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Tahap 1: dilakukan oleh panitia di sekolah masing-masing
  2. Tahap 2: dilakukan oleh LTMPT
  3. Tahap 3: dilakukan oleh siswa
  4. Tahap 4: dilakukan oleh siswa
  5. Tahap 5: dilakukan oleh siswa
  6. Tahap 6: dilakukan oleh LTMPT


jadwal SNMPTN 2019

Kerangka waktu atau jadwal SNMPTN 2019 dapat dilihat di bagan di atas ini.

Jadi, keterlibatan siswa akan terjadi pada tanggal 4-14 Februari 2019.


Ingatkan putra-putri untuk memilih sesuai dengan minat. Karena kalau sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar lagi di jalur seleksi lainnya agar tidak ada lagi bangku kosong sehingga lebih banyak siswa yang mendapatkan kesempatan untuk kuliah. 

Udah deg-degan ya? Yuk sama-sama istiqomah, perbanyak doa, perbanyak berbuat baik, perbanyak sedekah, luangkan waktu untuk menenangkan diri. Semoga Allah memberikan kelancaran agar cita-cita kita semua tercapai. Aamiin.

Jadwal Dan Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2019 Jadwal Dan Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2019 Reviewed by ibusuri on Januari 04, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →