Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019

Jadwal penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri atau PTN tahun 2019 sudah diumumkan oleh LTMPT tanggal 4 Januari 2019 kemarin.


Seluruh rangkaian penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi tahun 2019 sudah diumumkan bersamaan dengan peluncuran LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan dimulainya rangkaian seleksi jalur SNMPTN 2019. LTMPT merupakan lembaga baru yang akan menjalankan semua perubahan besar dalam sistem penerimaan mahasiswa baru PTN.

Sistem penerimaan mahasiswa baru PTN secara nasional tetap akan terdiri dari 2 jalur, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Jalur lain akan diselenggarakan oleh masing-masing universitas. SNMPTN didasarkan prestasi akademik siswa, sedangkan SBMPTN berdasarkan tes. Yang berubah adalah cara pelaksanaannya.

Di postingan sebelumnya sudah dibahas tentang SNMPTN 2019. Untuk SBMPTN 2019 akan dibahas setelah postingan ini. 


Kali ini kita bahas jadwal penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri atau PTN 2019 secara keseluruhan.

Seluruh jadwal dibawah ini diambil dari situs LTMPT.

Pada timetable diatas bisa dilihat bahwa proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri atau PTN 2019 sudah dimulai tanggal 4 Januari 2019 kemarin yaitu untuk jalur SNMPTN 2019. Namun keterlibatan siswa akan dimulai pada tanggal 4 Februari 2019 sampai dengan 24 Juni 2019. 

Selanjutnya, kotak biru di kanan bawah itu adalah ketentuan untuk PTN yang menyelenggarakan Seleksi Mandiri PTN 2019. 


Contohnya UGM dengan jalur UM UGM dan UI dengan jalur Simak. Jadi, setelah pengumuman hasil SBMPTN 2019 tanggal 9 Juli 2019 ternyata tidak diterima, jangan putus asa dulu. Segera berburu pengumuman Seleksi Mandiri PTN 2019 di website masing-masing universitas yang dikehendaki. Masing-masing universitas tersebut membuat jadwal, tahapan dan syarat yang berbeda tapi dibatasi harus selesai semua pada tanggal 30 Juli 2019 agar tahun ajaran baru bisa dimulai bersamaan.

jadwal snmptn 2019

Jadwal diatas ini adalah untuk SNMPTN 2019 yang sudah dibahas disini.
Yang wajib diingat adalah bahwa jika sudah lolos diterima sebagai mahasiswa baru di jalur SNMPTN 2019, otomatis siswa tidak bisa mendaftar lagi di jalur SBMPTN 2019.

jadwal utbk 2019
Jadwal UTBK 2019 dan SBMPTN 2019 ini harus dijelaskan secara bersamaan.

Jadi, UTBK 2019 adalah syarat untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Jika dahulu SBMPTN 2019 sudah termasuk tes yang dilakukan serentak, maka di tahun 2019 ini urusan ujian dan mendaftar dipisahkan. Untuk ujiannya sendiri disebut dengan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) yang berisi tes saja! Di UTBK ini, siswa akan mendapatkan nilai yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Ada enak dan nggak enaknya. Enaknya, kita bisa memperkirakan PTN mana yang sesuai dengan nilai tersebut tanpa buang-buang waktu dan khawatir berkepanjangan. Sistemnya lebih terbuka. Nggak enaknya, kalau nilai kurang memuaskan jadi kepikiran, tidak bisa sesederhana diterima atau tidak begitu saja.

Mengenai UTBK 2019 akan dibahas lebih rinci setelah ada rilis resmi dari LTMPT. Sementara ini yang terdengar adalah diperbolehkan 2x ujian tapi belum menemukan ketentuan tersebut di situs LTMPT. Yang sudah jelas adalah UTBK 2019 ini tidak gratis meski ada subsidi dari pemerintah. Tunggu saja update selanjutnya.

jadwal sbmptn 2019

Jalur SBMPTN 2019 itu berarti hasil UTBK 2019 ditambah dengan syarat-syarat lain.


Syarat-syarat lain itu antara lain portofolio untuk jalur prestasi dan borang atau form bagi yang memerlukan beasiswa Bidikmisi atau aDik. Persyaratan lengkap sudah ada di situs LTMPT. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas di postingan selanjutnya, ya.

Yuk, sama-sama bersiap dan berdoa!

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019 Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2019 Reviewed by ibusuri on Februari 06, 2019 Rating: 5

2 komentar

  1. jadi ingat bertahun2 lalu saat berjuang ikut penerimaan ptn. semoga skrg sistemmnya lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistemnya lebih tapi persaingannya lebih keras :)

      Hapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →