15 Film Romantis Terbaik, Lawas Tapi Tetap Bisa Membuatmu Tersenyum Bahagia

15 film romantis terbaik ini meski lawas dan sudah beberapa kali ditonton tapi tetap bisa membuat penonton tersenyum bahagia.

Stok film romantis lawas cukup banyak. Rata-rata memiliki jalan cerita sederhana, tidak terlalu banyak konflik. Adegan percintaan pun tidak semuanya vulgar, tapi gregetnya bikin penonton di usia 40 plus tetap tersenyum simpul dan menunduk malu ketika menontonnya lagi sekarang.

1. Pride And Prejudice (2005)


pride and prejudice
Foto: IMDb

Rekaan Jane Austen adalah favorit para pecinta kisah romantis. Film ini tentang sebuah keluarga biasa yang mencarikan jodoh bagi 5 anaknya. Tokoh utama, Elizabeth (Keira Knightley), digambarkan sangat keras kepala. Tapi wajah cantik Liz membuat Mr Darcy (Mattew MacFadyen) yang tampan dan kaya raya mabuk kepayang. Gemes nggak sih tiap melihat adegan Liz marah-marah ke Mr Darcy? Dalam hati, udahlah Mr Darcy, cium saja, cepetan! Sayang, bagi penonton Indonesia itu tidak pernah terjadi! Sampai adegan berakhir hanya ada satu adegan Liz mencium sepintas tangan Mr Darcy. Beberapa penonton di luar sana berbaik hati menuliskan dan memposting foto-foto adegan pernikahan dan malam pertama mereka. Duuuh, jadi gemes kan pengin lihat. Tapi itu tak membuat penonton yang tidak kebagian adegan akhir kecewa. Tatapan cinta Mr Darcy yang tampan, gagah dan cool itu membuat pengin nonton lagi dan lagi.

2. Sense And Sensibility (1995)

sense and sensibility
Foto: IMDb

Meski ada Hugh Grant yang waktu itu masih muda dan tampan, tapi tak sedikit yang justru jatuh cinta pada Alan Rickman. Ini juga rekaan Jane Austen, makanya setting film tersebut hampir sama. Ceritanya pun seputar perjodohan 3 anak perempuan sebuah keluarga yang tersingkir setelah sang kepala rumah tangga meninggal. Tokoh utama sebenarnya adalah Elinor (Emma Thompson) dan Edward Ferrars (Hugh Grant). Tapi banyak yang merasa bahwa kisah Marriane (Kate Winslet) dan Colonel Brandon (Alan Rickman) lebih romantis. Mungkin karena cast Emma Thompson yang agak dipaksakan dan terasa terlalu tua untuk seorang gadis yang polos.

3. Love Actually (2003)


love actually
Foto: tvguide.com

Sesekali beberapa produsen film Hollywood membuat film untuk event khusus, misal Natal, Valentine atau Thanks Giving. Film-film sengaja dibuat tidak terlalu banyak konflik, yang penting bisa menimbulkan perasaan yang dalam pada penonton. Casting dibuat tidak fokus pada tokoh tertentu, bahkan banyak gimmick orang-orang terkenal atau seleb. Love Actually dibuat untuk membuat penonton melihat keanekaragaman bentuk cinta lalu mengupayakan dan mensyukurinya. Ada sedihnya juga ini, tapi cuma sedikit. Diantara artis yang terlibat adalah Hugh Grant, Emma Thompson, Colin Firth, Alan Rickman, Liam Neeson, Keira Knightley dan banyak lagi. Film tersebut terdiri dari beberapa cerita pasangan (suami istri, kekasih, teman, ayah anak dan sebagainya) yang tidak saling berhubungan. Benang merahnya ada di Rowan Atkison si Mr Bean yang selalu muncul di tiap persoalan.

4. Valentine's Day (2010)

valentine's day
Foto: Warner Bros

Ide ceritanya hampir sama dengan Love Actually tapi lebih modern sesuai dengan tahun pembuatan dan bertabur lebih banyak mega bintang, antara lain Ashton Kutcher, Jessica Alba, Julia Roberts, Taylor Swift, Bradley Cooper, Anne Hathaway, Jennifer Garner, Jessica Biel, Taylor Lautner dan masih banyak lagi.

5. Eat Pray Love (2010)

eat pray love
Foto: allposters.com

Ya, ya, ya. Film ini tidak boleh dilewatkan oleh masyarakat Indonesia yang berjiwa romantis. Pencarian diri seorang perempuan (Julia Roberts) yang telah memiliki segalanya kecuali cinta. Di Indonesia, dia berhasil menemukannya. Julia saja bisa menemukan cinta di Indonesia, masa kamu belum? Kalau mencari yang persis Javier Bardem yang susahlah. Cari tu produk-produk Indonesia!

6. There's Something About Mary (1998)


theres something about mary
Foto: en.wikipedia.com

Untuk malam yang meriah, rasanya tak mungkin meninggalkan Ben Stiller. Film ini super kocak tentang obsesi Ted pada Mary (Cameron Diaz). Obsesi yang dimulai sejak remaja hingga dewasa bertambah kacau dengan teman-teman Ben yang memberikan saran-saran ngawur.

7. Letters To Juliet (2010)


letters to juliet
Foto: iTunes Apple

Ide dan alur film ini terbilang ringan tapi sangat manis. Bisakah Romeo dan Juliet berakhir bahagia? Sophie (Amanda Seyfried) sempat-sempatnya berusaha menyatukan sepasang kekasih yang tak dikenalnya. Bagaimana nggak betah ya, keliling Italia mencari si Romeo untuk Juliet ditemani cucu si Juliet yang ganteng (Christopher Egan)?

8. My Best Friend's Wedding (1997)

my best friends wedding
Foto: Amazon.com

Sebenarnya film ini tidak berakhir bahagia tapi tidak membuat sedih juga, meski Julianne (Juliet Roberts) tidak bisa mendapatkan hati teman masa kecilnya, Michael (Dermot Mulroney). Segala cara dilakukan Julianne untuk membuka mata Michael bahwa Kimberly (Cameron Diaz) bukanlah calon istri yang tepat, termasuk berbagai cara konyol. Namun akhirnya Julianne harus mengakui dan menerima bahwa mereka saling mencintai dengan tulus.

9. One Fine Day (1996)

one fine day
en.wikipedia.org

Film ini sangat sesuai dengan kehidupan perkotaan jaman sekarang. Tentang perkenalan dan perlahan saling mengisi antara 2 orang single parent dengan masing-masing satu anak. Sulit untuk tidak jatuh cinta dengan film ini karena ada pria idaman wanita sejagat, George Clooney yang berpasangan dengan Michelle Pfeiffer.

10. You've Got Mail (1998)

you've got mail
Foto: en.wikipedia.org

Kisah di film ini adalah impian para gadis jaman dulu, yaitu punya toko buku mungil yang bisa dinikmati lalu bertemu dengan pria kaya raya. Idealisme jalan, masa depan terjamin. Meg Ryan yang awet imut mampu membuat Tom Hanks gemas di film ini, begitu juga penonton.

11. Notting Hill (1999)


notting hill
Foto: en.wikipedia.org

Nah, kalau ini kebalikan dari You've Got Mail. Yang punya toko buku yang laki-laki tapi juga imut, yaitu Hugh Grant. Sedangkan di orang kayanya Julia Roberts yang berperan sebagai artis terkenal.

12. The Proposal (2009)

the proposal
Foto: en.wikipedia.org

Ryan Reynolds dan Sandra Bullock bermain sangat kocak di film ini. Meski satunya mantan sexiest man alive dan satunya peraih Oscar, tapi mereka tak ragu bertingkah aneh yang mengundang tawa. Namun, cerita tentang pertunangan pura-pura demi menghindari pencekalan imigrasi ini berhasil menghadirkan suasana romantis yang bikin gemas dengan nuansa komedi.

13. Serendipity (2001)

serendipity
Foto: en.wikipedia.org

Meski tidak sedang melucu, kadang cinta itu punya selera humornya sendiri. Beberapa detik saja bisa membedakan 2 orang yang tak saling kenal akan tetap tidak kenal atau berakhir menjadi sepasang kekasih. John Cusack dan Kate Beckinsale menghadirkan romastisme dalam guyuran salju.

14. While You Were Sleeping (1995)

while you were sleeping
Foto: amazon.com

Lagi, Sandra Bullock bermain dalam film komedi romantis. Tapi kali ini dia menjadi Lucy, gadis penjaga loket yang biasa-biasa saja. Kemudian tiba-tiba Lucy menjadi kekasih Peter (Peter Gallagher) yang tak dikenalnya. Dia mendapatkan kehangatan sebuah keluarga besar yang selama ini tak dimiliki. Sampai akhirnya bertemu dengan Bill Pulman yang berperan sebagai kakak Peter.

15. Maid In Manhattan (2002)

maid in manhattan
Foto: en.wikipedia.org

Meski seorang petugas housekeeping hotel, tapi jika itu Jennifer Lopez, seluruh dunia bakal percaya kalau dia seorang sosialita hanya dengan berganti baju. Pria kaya raya yang diperankan Ralph Fiennes pun langsung jatuh cinta. Mereka serasi sekali sebagai sepasang kekasih. Kalau ketahuan identitas aslinya bagaimana dong?

Posting Komentar

0 Komentar