10 Film Komedi Terbaik Tentang Liburan Keluarga

Entah mengapa film komedi terbaik tentang liburan keluarga didominasi oleh kisah ayah yang sok yakin mengajak keluarganya menempuh perjalanan darat di daerah yang tak dikenal.

Mungkin benar kata orang bahwa kebanggaan seorang kepala rumah tangga itu apabila bisa mengajak keluarganya jalan-jalan dengan dia sebagai komandannya, meski sepanjang jalan kacau balau.

1. National Lampoon's Vacation (1983)

national lampoon's vacation
Foto: iTunes Apple
Film National Lampoon ini legend seperti film kalau di Indonesia. Gaya lucunya juga sama, slapstick. Bedanya kalau Warkop tentang pertemanan, National Lampoon tentang keluarga. Meski konyol setengah mati bikin ngakak, tapi sebenarnya yang digambarkan adalah kondisi keluarga pada umumnya hanya berlebihan. Si ayah yang sok yakin, si ibu yang tahu tapi sibuk dengan dirinya sendiri dan anak-anak yang cuek. Perjalanan mereka menuju Walley World pun kacau balau. Apalagi waktu bibi Edna ditemukan meninggal, ngakak habis di adegan-adegan seputar ini. Tapi seperti keluarga umumnya pula, mereka terus bersatu sampai tujuan. Tiap adegan selalu ada lucunya, jadi jangan berkedip ya. Keluarga Griswold ini diperankan oleh Chevy Chase sebagai ayah dan Beverly D'Angelo sebagai ibu. 2 mereka diperankan oleh Dana Barron dan Anthony Michael Hall.

2. National Lampoon's European Vacation (1985)

national lampoon's european vacation
Foto: myvacationplan.org
Masih film National Lampoon, ya. Bagaimana lagi, mereka memang legend di film komedi liburan keluarga. Kali ini mereka menang games dengan hadiah jalan-jalan ke Eropa. Si ayah yang sok yakin dan sok asik inipun tetap memilih menyetir sendiri keliling Eropa. Rusaklah Eropa! Bayangin, Stonehenge di Inggris sampai ambruk gara-gara mereka. Chevy Chase dan Beverly D'Angelo tetap memimpin keluarga Griswold. Tapi pemeran anak digantikan oleh Dana Hill dan Jason Lively.

3. National Lampoon's Christmas Vacation (1989)

national lampoon's christmas vacation
Foto: en.wikipedia.org
Maaf ya, National Lampoo lagi tapi janji ini yang terakhir. Kali ini keluarga Griswold memutuskan untuk tinggal dirumah saja selama liburan. Tapi bukan berarti mati gaya. Ada saja yang rusak berkat si ayah yang bermaksud mewujudkan ide-idenya menyambut Natal. Kemeriahan ditambah dengan kedatangan uncle Eddie yang menyebalkan bersama keluarganya. Pemeran Griswold's parent tetap Chevy Chase dan Beverly D'Angelo tapi peran anak digantikan lagi oleh Juliet Lewis yang sexy dan Johny Galecki. Saking kacaunya keluarga ini, penonton tidak terlalu peduli anaknya ganti-ganti wajah di setiap film dan tidak mirip semua.

4. Vacation 2015

vacation 2015
Foto: en.wikipedia.org

Judulnya mirip dengan no 1 ya? Karena ini masih berhubungan tapi nggak sama persis. Karena itu tidak menggunakan kata "National Lampoon". Jadi, keluarga Griswold di National Lampoon kan punya 2 anak, laki-laki dan perempuan. Nah, diceritakan si anak laki-laki ini, Rusty, sudah berkeluarga dengan 2 anak laki-laki. Hubungan Rusty yang mendingin dengan istri, membuatnya terinspirasi untuk melakukan perjalanan ke Walley World seperti ketika bersama orangtuanya dulu. Dia berharap, perjalanan itu akan menghangatkan keluarganya kembali. Film ini diperankan oleh Ed Helms dan Christina Applegate. Chevy Chase dan Beverly D'Angelo juga tampil sebentar sebagai Griswold senior tentu saja. Kita juga bisa melihat si Thor, Chris Hemsworth, sebagai laki-laki yang menggoda istri Rusty.

5. Cheaper By The Dozen (2003)

cheaper by the dozen
Foto: bestbuy.com

Film ini tentang keluarga Baker yang memiliki 12 anak, dipimpin orangtua mereka yang diperankan Steve Martin dan Bonnie Hunt. Keluarga ini baru pindah dari kota karena si ayah menjadi coach di sebuah college. Kekacauan dimulai ketika si ibu harus pergi untuk mempromosikan bukunya. Ya pasti kacaulah, kan 12 anak. Di film ini ada Tom Welling, si ganteng Superman di Smallville, dan Hilary Duff sebagai anak yang besar-besar. Ada juga Ashton Kutcher yang naksir salah satu gadis keluarga Baker.

6. Cheaper By The Dozen 2 (2005)

cheaper by the dozen 2
Foto: en.wikipedia.org
Film ini melanjutkan sukses film sebelumnya. Kali ini keluarga Baker punya saingan, yaitu keluarga Murtaugh yang jauh lebih kaya, sukses, sporty dan kompak. Mereka berlomba dalam rangka merayakan Labor Day. Persaingan seru dan tentu saja kocak itu dibumbui percintaan diam-diam antara anak kedua keluarga tersebut. Ya masa Tom Welling yang guanteng itu cuma dianggurin jadi pemeran anak doang sih? Dicariin pacar memang sudah paling bener. Pemeran dari keluarga Baker masih sama, sementara di keluarga Murtaugh ada Eugene Levy dan Carmen Electra yang super sexy. Oya disini juga ada Taylor Lautner, si ganteng Jacob Black di The Twillight Saga, yang waktu itu masih kecil banget.

7. RV (2006)

rv
Foto: amazon.com
Film ini memang menjual nama Robin Williams banget. Robin, seperti kita ketahui, telah tewas bunuh diri. Sebenarnya film ini tak memberi ruang bagi Robin untuk menunjukkan akting berkelasnya. Tapi sebagai film komedi, cukup berhasil mengundang tawa. Robin menjalankan tugasnya sebagai aktor dengan baik, yaitu untuk menghibur penonton sekeluarga. Kisahnya fokus pada perjalanan keluarga Munro menggunakan RV (Recrational Vehicle). Kendaraan jenis ini lazim untuk piknik di Amerika. Sekarang beberapa seleb Indonesia juga pamer piknik menggunakan RV. Mereka bertemu dengan keluarga Gornickes yang lebih menikmati perjalanan. Sementara anak-anak keluarga Munro lebih asik dengan gadget. Keluarga Gornickes ini sangat menjengkelkan. Tapi lama kelamaan, ada beberapa sisi baiknya juga yang kemudian menginspirasi keluarga Munro. Selain Robin Williams dan Cheryl Hines di keluarga Munro, ada Jeff Daniels dan Kristin Chenoweth di keluarga Gornickes.

8. What We Did On Our Holiday (2014)

what we did on our holiday
Foto: amazon.co.uk

Kecuali Mr Bean, komedi ala Inggris memang selalu agak "mikir". Begitu pula dengan film ini, yang meskipun komedi, banyak juga dialog panjangnya. Film ini tentang perjalanan sebuah keluarga diambang perceraian tapi harus bersatu demi ulang tahun sang kakek. Di tempat tujuan, keadaan menjadi runyam karena persaingan kesuksesan dengan sang kakak. Kelucuan film ini sangat terbantu dengan akting si bungsu. Bintang film ini adalah si cantik berwajah lembut Rosamund Pike, David Tennant dan Billy Connolly.

9. Johnson Family Vacation (2004)

johnson family vacation
Foto: en.wikipedia.org

Film ini sungguh kocak berkat pemeran utamanya, Cedric The Entertainer, yang memang komedian. Cedric berperan sebagai Nate Johnson, seorang ayah yang membujuk istri yang sudah berpisah untuk tampil sebagai sebuah keluarga di reuni keluarga besar. Nate ingin memamerkan kesuksesannya, terutama pada saingan utamanya di keluarga besar tersebut. Vanessa Williams turut berperan sebagai Dorothy, istri Nate.

10. Home Alone (1990)

home alone
Foto: itunes apple

Tadinya film ini tidak akan dimasukkan di daftar ini karena sudah terlalu terkenal, semua sudah tahu jalan ceritanya karena sering sekali diputar di televisi. Tapi kok tidak sah juga kalau tidak memasukkannya. Oh ya google membuat cuplikan film Home Alone dengan kondisi McCauly Culkin sekarang yang sudah berumur 38 tahun loh. Aneh banget sih heheee... Sudah lihat, belum?


10 Film Komedi Terbaik Tentang Liburan Keluarga 10 Film Komedi Terbaik Tentang Liburan Keluarga Reviewed by ibusuri on Desember 28, 2018 Rating: 5

6 komentar

  1. Cuma home alone yang pernah kutonton hihi

    BalasHapus
  2. RV!! �� Ya ampun, favorit banget itu.
    Kalo Home Alone mah ya wajib hukumnya tiap libur Christmas pasti diputer di TV.
    Aku mau lihat cuplikannya yang baru itu ah..
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kayaknya semua orang sudah nonton home alone ya

      Hapus
  3. wah home alone ini mah paling banyak ditonton sepertinya

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →