Beda Keterlibatan Orangtua Mahasiswa Dulu Dan Sekarang Di Perkuliahan

Mahasiswa baru sudah mulai melakukan kegiatan perkuliahannya. Keterlibatan orangtua mahasiswa di perkuliahan jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman dulu.

college student
Source: pexels.com


Jaman dulu, masa perkuliahan adalah masa kebebasan dari pengawasan orangtua. Dari mendaftar, mendaftar ulang, hingga perkuliahan, keterlibatan orangtua hanya sebatas transfer uang.

Jaman sekarang, sejak ananda diterima di perguruan tinggi, orangtua langsung terlibat dan dilibatkan.

MASA DAFTAR ULANG

Dahulu daftar ulang setelah diterima di perguruan tinggi cukup simple meski merepotkan karena harus datang ke loket-loket yang disediakan. Formulir yang dilampirkan tidak banyak, hanya sebatas surat keterangan si mahasiswa dan surat keterangan gaji orangtua. 
Jaman sekarang, pendaftaran ulang cukup dilakukan secara online. Hanya saja, formulir yang diisi lebih banyak dan detil. Banyak lampiran yang harus disertakan, termasuk foto rumah, NPWP, surat keterangan ibu tidak bekerja bagi ibu rumah tangga. Mau tidak mau orangtua juga terlibat dalam menyediakan semua persyaratan yang dibutuhkan.

MASA MAHASISWA BARU


Orangtua mahasiswa jaman sekarang tak beda dengan wali murid di tingkat sekolah. Pada hari pertama masuk perguruan tinggi, orangtua akan dipanggil ke kampus untuk mendapatkan pembekalan. Meski tidak ada keharusan untuk datang, tapi pihak perguruan tinggi benar-benar menyempatkan diri untuk memberikan informasi-informasi penting dari sekedar perkenalan.
Sebagai contoh, untuk UGM, di pagi hari semua orangtua dikumpulkan oleh rektor yang memberikan ucapan selamat datang. Setelah itu orangtua digiring ke fakultas masing-masing untuk mendapatkan pengarahan dari dekan. Bahkan disedikan bus-bus kecil agar orangtua tidak perlu kerepotan memindahkan kendaraan. Setelah itu, orangtua diminta menuju ke jurusan masing-masing untuk mendapatkan penjelasan lebih detil.
Kerjasama orangtua dengan perguruan tinggi sama dengan ketika masih jaman sekolah, yaitu diharapkan saling mengawasi dan memotivasi. Ini dikarenakan masa studi yang sekarang dibatasi hanya sampai 5 tahun untuk program reguler sarjana. Bahkan di tahun ketiga perkuliahan, jika IPK tidak memadai, mahasiswa sudah diminta untuk mengundurkan diri.

Jadi, jaman sekarang tidak ada istilah mahasiswa abadi. Pilihannya hanya lulus tepat waktu atau drop out.

Perguruan tinggi tidak mau lagi dibebani secara administratif oleh mahasiswa yang tidak segera lulus meski sanggup membayar biaya kuliah yang cukup tinggi.

MASA PERKULIAHAN


Dimasa perkuliahan, mahasiswa tidak bisa lagi menutup-nutupi pencapaiannya. Orangtua akan menerima IPK tiap semester melalui email dan surat. Memang, untuk surat datangnya agak lama. Tapi setidaknya tidak bisa diantisipasi oleh mahasiswa yang memberikan alamat email palsu.

Masa perkuliahan adalah masa pendewasaan, masa kebebasan, sekaligus masa kritis anak. 


Itulah sebabnya, pihak kampus repot-repot memberikan gambaran masa perkuliahan dari yang umum sampai ke hal detil. Orang tua jaman sekarang jadi tahu, apa saja yang dipelajari anaknya di kampus dan bagaimana masa depan anaknya kelak. Tiap semester harus bisa seimbang antara bersenang-senang, pengembangan diri dan mengejar nilai. 

Sekarang untuk menjadi pegawai negeri saja harus cum laude. Memang sih yang berminat menjadi enterprenuer lebih mementingkan mencari pengalaman dan membangun networking. Tapi jika keasikan ikut berbagai kegiatan, meski tetap di kampus, sehingga tidak ada waktu untuk mengerjakan tugas dosen, maka sayang sekali kesempatan yang sudah didapat untuk kuliah karena harus drop out secara paksa.

Beda Keterlibatan Orangtua Mahasiswa Dulu Dan Sekarang Di Perkuliahan Beda Keterlibatan Orangtua Mahasiswa Dulu Dan Sekarang Di Perkuliahan Reviewed by Ibu Suri on Agustus 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →