Si Remaja Mau Ke Karaoke Dengan Gengnya, Diijinkan Atau Tidak?

Pic by pexels.com

Pertama kali Ibu Suri menghadapi dilema mengijinkan anak ke karaoke atau tidak itu ketika mereka akan lulus SMP. Tidak mengira menghadapi masalah tersebut secepat itu.

Ceritanya dia diundang teman-teman akrabnya yang ulang tahun untuk karaokean. Memang sudah tahu ada family KTV tapi selama ini dalam pikiran saya, KTV itu untuk orang dewasa. Kalaupun ada anak-anak, harusnya bersama keluarga. Ketika cek ke group whatsapp (WAG) wali murid, ternyata ada salah satu ibu yang menyebutkan acara tersebut. Respon anggota WAG biasa-biasa saja, yang berarti mereka mengijinkan dan tidak menganggap besar masalah ini.

Karena ini pengalaman pertama melepas anak-anak ke karaoke sendiri, saya agak keberatan. Tapi si remaja ngotot pengin hore-hore dengan sahabat. Apalagi acaranya siang hari. Akhirnya, saya putuskan untuk mengantar dan menunggui di lobi KTV. Syukurlah si remaja tidak keberatan, mungkin dia sendiri juga ragu.

Sesampainya di KTV , ternyata sudah menunggu 2 ibu dari ramaja-remaja itu. "Ya iyalah, jeng. Tentu saja kami antar dan kami tungguin meskipun ini family KTV karena mereka masih dibawah umur."

Meski sedikit lega karena ortu lain memiliki pemikiran yang sama, tapi tetap saja saya merasa agak tidak nyaman memperbolehkan mereka ke karaoke dengan teman-temannya. Untuk mengetahui pengelolaan KTV tersebut, saya berkeliling lobi dan mampir ke meja resepsionis untuk melihat-lihat. Rupanya mereka memberikan diskon khusus pelajar di siang hari dan diskon khusus mahasiswa di malam hari. Sebenarnya suasana lobi cukup nyaman, terang dan terbuka, jauh dari kesan yang tidak baik, sesuai temanya sebagai KTV keluarga.

Lalu saya mikir, kalau mereka sudah dikenalkan dengan KTV oleh keluarganya, rasanya sulit mencegah mereka untuk tidak menikmati kebebasan menyanyi sesuka hati tanpa mengganggu tetangga. Apalagi mereka bisa mendapatkan rekaman lagu-lagu yang mereka nyanyikan sehingga akan menjadi kenangan yang seru. Tapi melepas mereka ke tempat hiburan yang di lain tempat sering disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik akan sangat beresiko.

Karena itu, jika tidak ingin anak-anak tahu asyiknya karaoke, jangan pernah ajak mereka ke karaoke. Orangtua juga harus konsisten, jangan cerita apalagi pamer foto karaoke dengan kolega. Beli saja home entertainment untuk dirumah tapi perhitungkan agar tidak mengganggu tetangga. Tapi jika mereka ingin sekali bernyanyi bersama teman-temannya, ortu harus survei dulu apakah tempat tersebut benar-benar punya reputasi yang baik atau tidak. Beberapa tempat menggunakan klaim family KTV untuk kamuflase.

Karena belum dewasa, maka ortu wajib mengantar dan menunggui. Beberapa ortu merasa cukup dengan mengantar tapi saya merasa lebih mantap jika menunggui juga. Kalau tidak bisa menunggui, coba tanyakan adakah ortu lain yang menunggui? Seperti waktu itu, yang datang 7 anak, yang menunggui 4 ibu. Jika ada, titipkan anak-anak dibawah pengawasan ortu yang menunggui. Maka dari itu, wajib kenal dengan ortu sahabat anak-anak.

Sempatkan berkeliling lobi dan melihat meja resepsionis. Jika ada foto-foto perempuan dengan baju atau pose menggoda, serta ada daftar menu yang berisikan minuman beralkohol, sebaiknya anak-anak diajak pulang, karaoke batal. Karena apa yang terlihat disitu merupakan gambaran seperti apa pengunjung yang datang, yang tidak kita ketahui. Berarti itu family KTV abal-abal, meskipun milik artis terkenal.

Memang, paling mudah itu melarang saja. Habis perkara. Tapi jika harus mengijinkan, daripada mereka sembunyi-sembunyi dan tidak bisa diarahkan, pengawasan jangan kendor dan minimal harus melakukan beberapa hal seperti diatas. Kendali tarik ulur ada di tangan orangtua, jangan terlalu kencang tapi jangan sampai terbalik. Membimbing remaja di kota besar memang sulit, semoga kita bisa selalu waspada. 

Si Remaja Mau Ke Karaoke Dengan Gengnya, Diijinkan Atau Tidak? Si Remaja Mau Ke Karaoke Dengan Gengnya, Diijinkan Atau Tidak? Reviewed by Ibu Suri on Januari 30, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Semua komentar dimoderasi. Terima kasih.

Masterchef

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →